Selamat datang di mediapangandaran.com
Cara Mencuci Wajah dengan Tepat
Cara Mencuci Wajah dengan Tepat

Cara Mencuci Wajah dengan Tepat

Mencuci wajah tidak boleh sembarangan. Caranya harus tepat dan inilah cara mencuci wajah dengan tepat. ilustrasi (Net)

Cara Mencuci Wajah dengan Tepat
MediaPangandaran.com - Rutin membersihkan atau mencuci wajah secara teratur akan membuat kulit tidak lagi kusam. Mencuci wajah memakai sabun yang dianjurkan oleh dokter adalah 2-3 kali sehari. Sebaiknya jangan berlebihan mencuci wajah. Ada beberapa kebiasaan yang dilakukan yang terkadang tanpa disadari membuat kulit kering. Di antaranya adalah mencuci wajah lebih dari dua kali sehari. Terlalu sering mencuci wajah memakai sabun membuat kulit menjadi iritasi, kering, dan gatal. Lantas bagaimana cara mencuci wajah dengan tepat?

Biasanya kita menggunakan sabun pembersih untuk membersihkan wajah. Pemilihan sabun pembersih wajah ini mestinya disesuaikan dengan jenis kulitnya. Pada pembersihan wajah di pagi hari cukup dengan facial cleanser. Tahapan pembersihan wajahnya sebenamya tidak rumit. Dilakukan dengan mencuci wajah dengan sabun pembersih wajah biasa. Gunakan sabun sedikit saja dan tidak terlalu berbusa. Lalu dibasuh dengan air. Jika kulitnya sangat berminyak, bisa menggunakan toner dengan cara pemakaian ditepuk-tepuk menggunakan kapas. Setelah wajah bersih selanjutnya memakai moisturizer untuk wajah.

Malam harinya, sebaiknya kembali mencuci wajah menggunakan facial cleanser. Kecuali jika sehabis menggunakan life make up maka tidak cukup menggunakan facial cleanser, tetapi ditambah pembersih make up. Make up cleanser yang oil bisa mengangkat make up dengan baik. Setelah itu, baru menggunakan facial cleanser. Jadi, pada sore atau malam hari perlu menggunakan double cleanser.

Mengapa perlu pembersihan doubel? Sehabis memakai make up, maka penggunaan sabun pembersih wajah (facial wash/ facial cleanser) tidak bisa maksimal membersihkan wajah dari sisa-sisa make up. Karena itu, pembersihan wajah setelah memakai make up tebal diawali dengan penggunaan make up remover agar wajah benar-benar bersih. Make up remover mengandung alkohol, sehingga untuk kulit yang sensitif sebaiknya menggunakan baby oil untuk membersihkan sisa-sisa make up.

Selain untuk membersihkan sisa-sisa make up, baby oil yang bersifat melarutkan, juga digunakan untuk membersihkan bibir sehabis memakai lipstik. Sesudah sisa-sisa make up bersih, sebaiknya menggunakan sabun pembersih. Pembersihan wajah ini harus benar-benar bersih dari sisa-sisa make up dan kotoran. Pasalnya, jika ada sisa make up yang menempel akan membuat kulit menjadi gelap dan mudah iritasi.

Seringkali sehabis membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah, seseorang menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung alkohol yakni toner. Toner yang digunakan baik yang dibeli sendiri maupun mengikuti resep dokter. Sesungguhnya kebiasaan memakai toner membuat kulit kering karena toner mengandung alkohol. Toner hanya dianjurkan digunakan untuk mereka yang kulitnya berminyak. Mereka yang kulitnya kering dan sensitif tidak dianjurkan memakai toner. Biasanya dokter kulit juga tidak akan meresepkan toner bila kulit cenderung kering.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.