Cara Memilih Kebaya Sesuai BentukTubuh
Cara Memilih Kebaya Sesuai BentukTubuh

Cara Memilih Kebaya Sesuai BentukTubuh

Mengenakan kebaya membuat penampilan menjadi lebih anggun dan cantik. Inilah 5 cara memilih kebaya sesuai dengan bentuk tubuh.

Cara Memilih Kebaya Sesuai BentukTubuh
MediaPangandaran.com - Saat momen panting dan sakral, mengenakan kebaya membuat penampilan menjadi lebih anggun dan cantik. Namun terkadang ketidaktahuan memilih kebaya justru membuat penampilan menjadi jelek. Terlebih pada saat mengenakan kebaya yang tidak sesuai dengan bentuk tubuh. Lantas bagaimana memilih kebaya yang tepat?

Kebaya yang identik dengan budaya Jawa, merupakan busana nasional bangsa. Kini, busana kebaya tampil lebih modern dan bisa digunakan di berbagai kesempatan, terutama acara formal seperti pernikahan, reuni, pesta ataupun resepsi khusus misalnya pertunangan. Kebaya juga tidak lagi hanya dikenakan oleh wanita dewasa, tetapi wanita muda atau remaja juga banyak yang mengenakan kebaya ketika menghadiri suatu acara.

Kini, ketika mengenakan kebaya tidak lagi terlihat kuno. Apalagi berkat tangan dingin para desainer, saat ini kebaya lebih bervariasi dengan berbagai model sehingga terlihat cantik dan anggun. Dengan berbagai model yang kini ada, kaumi hawa tak akan lagi kesulitan memilih bentuk dan model kebaya yang diinginkan. Bahkan, sentuhan kebaya modern tak harus selalu dipadankan dengan kain batik, tetapi juga bisa dipadukan dengan gaun, dress bahkan celana.

Kebaya Sesuai Bentuk Tubuh
Untuk tampil cantik dan anggun ketika berkebaya adalah bahan dan penggunaan kebaya disesuaikan dengan bentuk tubuh. Untuk yang bertubuh gemuk tentu penggunaan kebayanya berbeda dengan mereka yang bertubuh kurus dari segi bentuk, model dan pemilihan warna.

Berikut tips untuk memilih kebaya yang sesuai agar terlihat cantik dan anggun:
  1. Jika Anda tidak mengenakan jilbab. Bentuk V pada leher sangat mempengaruhi penampilan dan membuat tubuh terlihat lebih jenjang. Bentuk V pada leher boleh dikenakan asal tidak terlalu lebar. Selain itu, bisa juga mengenakan model kebaya shanghai agar terlihat lebih cantik dengan tubuh yang proporsional.
  2. Bertubuh pendek. Jika Anda bertubuh pendek dan memiliki garis pinggang pendek tidak disarankan untuk menggunakan kebaya yang ada belahan pada bagian pinggang karena akan terlihat proporsional justru akan terlihat lebih pendek.
  3. Bertubuh tinggi proporsional. Pemilik tubuh ini sangat mudah menentukan kebaya yang ingin dikenakan karena semua model bentuk kebaya cocok. Anda bisa memilih kebaya dengan model shanghai atau V lebar. Begitu pula dengan pemakaian warna, warna gelap maupun cerah sangat cocok dikenakan. Pemilihan bahan juga demikian, bahan apapun bisa digunakan asalkan ukurannya pas di tubuh agar terlihat lebih cantik.
  4. Bertubuh Kurus. Jika tubuh Anda kurus, sebaiknya pilih busana kebaya berempel, berenda, bravel dan lebih tebal. Hal tersebut akan memberi kesan tubuh lebih berisi dan tidak terlihat kurus sehingga lebih ideal. Gunakanlah busana kebaya lebih sedikit aplikasinya dengan model simpel agar terlihat lebih bagus. Pilihlah warna-warna cerah dan hindari menggunakan kebaya dengan potongan dada yang terlalu lebar dan terbuka karena akan memberi kesan lebih kurus. Sementara pemilik tubuh ramping atau kurus bisa mengenakan kebaya berbahan stretch.
  5. Bertubuh gemuk. Jika Anda bertubuh gemuk, pilihlah busana kebaya dengan ornamen yang tidak terlalu ramai. Sebaiknya pilih kebaya dengan model simpel karena akan memberikan kesan lebih ramping. Hindari pemilihan model kebaya V horizontal karena akan menambah kesan lebih besar. Untuk pemilihan wama hihd«ri warna-warna yang memantul karena akan membuat efek tubuh semakin besar. Lebih bagus warna-warna lebih gelap. Hindari bahan stretch atau ketat agar bentuk dan lekuk tubuh tidak terlihat menonjol. 
Itulah 5 cara memilih kebaya sesuai bentuk tubuh sehingga Anda bisa tampil anggun mempesona.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.