Selamat datang di mediapangandaran.com
Blau Tak Obati Gondongan, Inilah Cara Penanganan Gondongan
Blau Tak Obati Gondongan, Inilah Cara Penanganan Gondongan

Blau Tak Obati Gondongan, Inilah Cara Penanganan Gondongan

Mengenal Gondongan dan cara penanganannya serta mitos seputarnya.

Blau Tak Obati Gondongan, Inilah Cara Penanganan Gondongan
MediaPangandaran.com - Tak perlu panik saat mendapatkan buah hati Anda terkena gondongan. Meski begitu, tetap harus waspada dan ditangani dengan baik supaya jangan menimbulkan komplikasi yang malah memperparah kondisinya.

Oleh karena itu, mari kita mengenali gondongan supaya tahu cara penanganannya dengan benar. Apalagi karena disebabkan virus, penyebaran atau penularannya pun mudah terjangkit sehingga bisa mewabah di satu lingkungan.

Gondongan yang disebut parotitis atau mumps adalah penyakit akibat virus bernama paramyxo virus. Virus ini menyerang kelenjar air liur sehingga perubahan fisik yang terlihat adalah pada posisi kelenjar air liur yaitu di area antara telinga depandan rahang. Bila menimpa pada anak-anak, umumnya mereka yang berusia 4-14 tahun. Penyakit itu pun bisa terkena ke orang dewasa.

Seperti virus influenza, virus yang menyebabkan gondongan akan hilang dengan sendirinya. Namun tetap harus ada tindakan medis untuk meringankan gejala dan komplikasi yang terjadi.

Gejala yang timbul saat terserang virus itupun terlihat sama saja dengan virus lain. Ada demam, ada sakit badan, sakit kepala, malaise, sakit tenggorokan, dan sakit menelan. Pada anak-anak, demam yang tinggi harus ditangani segera dengan memberikan obat penurun panas supaya tak ada komplikasi lain.

Setelah muncul gejala-gejala itu, barulah muncul kondisi yang meyakinkan bahwa gondongan itu telah menerpa anak Anda. Tiga hari setelah gejala awal tadi, terlihatlah pembengkakan di area kelenjar air liur.

Penanganan Gondongan
Diobati blau? Tentu itu hanyalah mitos. Belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa blau akan mengobati gondongan. Jadi, tak perlu membirukan pipi anak Anda dengan blau yang biasanya digunakan untuk mencuci baju itu.

Setelah sebelumnya diberikan obat penurun panas, penanganan yang paling tepat terhadap gondongan adalah dengan memasok gizi yang optimal ke dalam tubuh supaya daya tahan tubuhnya membaik. Dengan sistem imun yang membaik, virus itu pun akan cepat dilawan. Karena rasa sakit saat menelan, buah hati Anda pun sebaiknya diberikan makanan bergizi yang lunak supaya mudah ditelan.

Selain itu penderita harus beristirahat. Melarang anak keluar rumah bisa berdampak pada dua hal baik. Pertama, itu akan membantu penyembuhannya dan kedua akan mencegah penyakit itu menular ke temannya seperti apabila ia dibiarkan tetap bermain dengan teman-temannya atau tetap bersekolah.

Virus yang mengakibatkan gondongan memang bisa menyebar atau menular dengan cepat. Virusnya menular lewat air liur atau percikan air liur saja. Misalnya bila ada bersin jarak dekat, makan dari satu piring yang sama, dan minum dari satu piring yang sama.

Oleh karena itulah, anak-anak maupun orang dewasa yang sakit gondongan harus menjauh sementara dari lingkungannya. Hal itu ditujukan supaya tak terjadi penularan yang bila tak dijaga akan menimbulkan wabah di satu lingkungan.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.