Bersihkan Telinga Bayi Jangan Asal, Inilah 4 Cara Bersihkan Telinga Bayi yang Aman
Bersihkan Telinga Bayi Jangan Asal, Inilah 4 Cara Bersihkan Telinga Bayi yang Aman

Bersihkan Telinga Bayi Jangan Asal, Inilah 4 Cara Bersihkan Telinga Bayi yang Aman

Cara membersihkan telinga bayi yang aman untuk dilakukan orangtua.

Bersihkan Telinga Bayi Jangan Asal, Inilah 4 Cara Bersihkan Telinga Bayi yang Aman
MediaPangandaran.com - Bagi sebagian orangtua, rasa gemas kadang muncul ketika ingin memastikan kebersihan sang buah hati. Sama halnya saat menyangkut urusan telinga. Rasanya seperti ada yang kurang atau muncul rasa gemas saat belum membersihkan indra pendengar yang satu ini. Tapi bagaimana agar tidak menjadi berbahaya saat bersihkan telinga, ya?

Mayoritas penderita yang datang dengan keluhan gangguan akibat kotoran telinga adalah anak-anak balita. Hal itu terjadi karena membersihkan kotoran telinga pada anak-anak memang relatif jauh lebih sulit dibandingkan orang yang lebih dewasa.

Beberapa upaya seringkali dilakukan untuk mengeluarkan kotoran itu. Namun, jika cara membersihkannya tidak benar dan kurang hati-hati, maka dapat menimbulkan masalah. Orangtua bisa saja bersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud. Tapi ingat, hanya di bagian terluarnya atau yang terlihat oleh mata. Jangan membersihkan hingga jauh ke dalam liang telinga karena dikhawatirkan justru akan mendorong kotoran ke dalam.

Lalu bagaimana sebaiknya orangtua membersihkan kotoran telinga pada balita, terutama bayi? Berikut diantaranya cara bersihkan telinga bayi yang aman untuk dilakukan orangtua:
  1. Bersihkan pada saat memandikan bayi. Saat terkena air, maka kotoran di dalam telinga akan cair dan lebih mudah dibersihkan. Caranya, ambil kain yang dibasahi air hangat untuk membersihkan bagian luar telinga bayi, kemudian bersihkan juga bagian dalam lipatan telinga untuk membersihkan kotoran-kotoran yang telah mengering. Jika cara itu rutin dilakukan, maka telinga bayi akan tetap terjaga bersih. Cara itu juga dapat membersihkan telinga dari akumulasi sel kulit mati serta kotoran telinga.
  2. Penggunaan cotton bud untuk dimasukkan ke dalam telinga bayi sangat tidak disarankan. Selain berpotensi merusak gendang telinga, juga dapat mendorong kotoran telinga pada bayi lebih ke dalam, karena salurannya yang lebih sempit dibandingkan saluran telinga pada orang dewasa.
  3. Jangan pernah membersihkan telinga bayi saat kondisinya kering, karena bisa menyebabkan iritasi atau luka. Sebaiknya gunakan kain basah untuk membersihkan bagian luar telinga bayi.
  4. Jika orangtua merasakan gangguan akibat kotoran telinga bayi atau ingin membersihkannya, segera datangi dokter THT terdekat. Dalam beberapa kasus, dokter akan memberikan obat tetes telinga untuk membuat kotoran lebih lunak dan mengeluarkannya.
Demikianlah 4 cara membersihkan telinga bayi yang dinilai aman dilakukan orangtua saat telinga sang buah hati perlu dibersihkan.
    Advertisement

    Baca juga:

    Admin
    Content Writer at Media Pangandaran.