Selamat datang di mediapangandaran.com
Bau Mulut Karena Gigi Berlubang, Hilangkan dengan 5 Cara Ini
Bau Mulut Karena Gigi Berlubang, Hilangkan dengan 5 Cara Ini

Bau Mulut Karena Gigi Berlubang, Hilangkan dengan 5 Cara Ini

Ini dia 5 cara melenyapkan bau mulut karena gigi berlubang.


MediaPangandaran.com - Salah satu penyebab bau mulut yang umum ditemui adalah gigi berlubang atau mengalami infeksi. Proses kerusakan gigi terjadi karena adanya interaksi antara gigi, air liur, sisa makanan, dan bakteri. Kejadian gigi berlubang meningkat seiring dengan pertambahan usia.

Proses demineralisasi berlangsung progresif pada jaringan keras email yang merupakan permukaan terluar gigi. Proses ini disebabkan oleh interaksi antara sisa makanan dan bakteri dalam mulut, yang kemudian menghasilkan asam laktat yang dapat menurunkan pH mulut. Apabila tidak dirawat, kerusakan akan berlanjut pada lapisan kedua gigi yaitu dentin, yang kemudian sampai ke ruang pulpa yang berisi saraf dan pembuluh darah. Gigi akan terasa sakit dan gusi dapat mengalami pembengkakan.

Selama proses ini terjadi, terbentuklah bau tak sedap yang merupakan hasil pembusukan oleh bakteri penghasil gas. Bila gusi menjadi bengkak, bau tak sedap akan semakin diperparah dengan timbulnya nanah dan darah. Perbaikan teknik menyikat gigi, penggunaan pasta gigi yang tepat, dan berkumur dengan larutan garam, hanya efektif bagi tindakan pencegahan. Bila gigi sudah berlubang dan mengalami infeksi, disarankan untuk mengunjungi dokter gigi agar mendapatkan penanganan yang tepat. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri tanpa berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu untuk mendapatkan solusi yang paling tepat dan tidak berbahaya.

Bagi Anda yang mempunyai masalah bau mulut karena gigi berlubang padahal Anda sudah rajin menggosok gigi. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut tersebut.

1. Tambal gigi yang berlubang
Yang pertama kali Anda lakukan Untuk melenyapkan bau mulut karena gigi berlubang yakni dengan terlebih dulu menambal gigi tersebut. Anda mesti menemui dokter gigi untuk menambalnya supaya tak ada unsur bakteri dan makanan yang bisa melekat pada gigi itu.

2. Pakailah obat kumur yang tepat
Terdapat berbagai jenis obat kumur yang dapat membantu menghindari gigi berlubang dan mengurangi bakteri yang menyebabkan plak serta bisa menunjang menyingkirkan bau mulut. Dokter tentunya tahu mana obat kumur yang tepat untuk Anda.

3. Jaga kebersihan gigi dan mulut
Menyikat gigi dengan cara teratur sedikitnya 2 kali setiap harinya dapat membantu menyingkirkan bakteri dan plak yang menimbulkan bau mulut akibat mengkonsumi makanan.

4. Perhatikan makanan yang Anda konsumsi
Makanan yang dikonsumsi bisa memberi pengaruh pada napas sebab makanan tersebut akan diserap lewat aliran darah dan dikeluarkan lewat paru-paru ketika bernapas. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayuran yang bisa menyingkirkan bau mulut, seperti apel, pisang, seledri, wortel dan mentimun. Sebaiknya hindari mengonsumsi bawang merah, bawang putih, dan berbagai makanan pedas yang apat mengakibatkan bau mulut dan bau badan.

5. Hindari alkohol dan rokok
Mengonsumsi alkohol dan merokok bisa menimbulkan tumbuhnya bakteri di dalam mulut dan bisa mengganggu gigi Anda sehingga menimbulkan bau mulut dan gigi menguning.

Itulah 5 cara melenyapkan bau mulut karena gigi berlubang.  Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.

Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.