Selamat datang di mediapangandaran.com
AMD Hadirkan Prosesor Seri FX8320E, Tetap Ngebut Meski Hemat Energi
AMD Hadirkan Prosesor Seri FX8320E, Tetap Ngebut Meski Hemat Energi

AMD Hadirkan Prosesor Seri FX8320E, Tetap Ngebut Meski Hemat Energi

Review, Spesifikasi dan Harga Prosesor AMD seri FX8320E.

AMD Hadirkan Prosesor Seri FX8320E, Tetap Ngebut Meski Hemat Energi
MediaPangandaran.com - AMD sudah menghadirkan prosesor seri FX 8320E beberapa waktu lalu. Prosesor dengan delapan inti ini tidak hanya menjanjikan kecepatan saat bekerja. Simbol E yang disematkan menunjukkan bahwa desktop processor ini juga lebih bersahabat dengan listrik. Konsumsi dayanya saat beban normal hanya 95W.

Meski hemat energi, prosesor ini tetap ideal untuk digunakan sehari-hari. Itu karena sokongan turbo clock speed 3.2 GHz, dan cache L2 sebesar 8 mb. Berbagai aplikasi seperti game atau untuk bekerja sama baiknya.

Bidang pekerjaan Anda menuntut kreativitas tinggi dalam olah foto, video, sampai 3D modeling? AMD FX8320E bisa menjadi partner yang tepat. Klaim ini didukung oleh hasil pengujian menggunakan PCMark 8 yang mendapat skor tinggi. Untuk Creative Accelerated misalnya, mendapat skor 4235.

Prosesor ini mampu menjalankan banyak hal dengan lancar, seperti browsing dengan berbagai halaman, video call secara grup, sampai aplikasi kantoran khususnya tabulasi yang rumit dengan banyak data. Begitu juga dengan editing foto yang memiliki tumpukan layer serta video.

Kemampuan untuk "bermain videografi termasuk soal rebdering, Cinebench R15 memberikan nilai 498 cb. Angka yang dihasilkan cukup bagus dan menunjukkan perangkat ini bisa menjalankan aktivitas berkaitan dengan videografi maupun modeling di tingkat menengah.

Saat dipasangkan dengan kartu gratis tingkat tinggi seperti AMD Radeon R9, prosesor ini mampu melewati berbagai pengujian dengan baik. Seperti Sky Diver milik 3DMark yang memberikan skor tinggi 17392. Rata-rata, gambar yang dikirimkan mencapai 100 FPS. Pekerjaan berat itu tidak membuat CPU kepanasan karena temperatur stabil di 40 derajat celcius.

Level pengujian dinaikkan dengan menjalankan Fire Strike yang juga punya 3DMark. Skor yang didapat, 6493. Tes yang sangat berat itu berhasil dilalui dengan menghasilkan rata-rata 20 FPS. Panas yang dihasilkan juga tetap tidak berubah, masih dikisaran 30 - 40 derajat celcius.

Kalau punya monitor yang support 4K, prosesor ini juga bisa menjalankan beberapa game. Tentu saja, kartu gratis yang digunakan juga harus mendukung kemampuan video resolusi tinggi itu.

Pengujian dalam beberapa game juga menghasilkan hasil yang positif. Seperti saat prosesor AMD 8320E dan Radeon R9 280x menjalankan game Battlefield 4. Bermain mode offline atau online dengan seting tertinggi tidak meninggalkan masalah apapun. Sebab, mampu menghasilkan rata-rata 65.9 FPS dengan nilai terendah 21 FPS, dan tertingg 117 FPS.

Bagi penggemar game sepak bola, pengujian menggunakan FIFA 15 menunjukkan hasil sangat bagus. Tidak ada masalah kalau ingin mengunci di 30 FPS atau 60 FPS. Itu dikarenakan hasil pengujian dengan seting gratis tinggi tanpa mengunci jumlah kiriman gambar, menghasilkan 119 FPS.

Begitu juga saat bermain Need For Speed: RIVALS yang mendapat nilai rata-rata mendapat 29 FPS. Kebut-kebutan makin asik karena tiap detail mobil terutama soal kecepatan makin terlihat dengan jelas.

Pengujian yang membuktikan kemampuan prosesor ini tidak harus ditebus dengan harga mahal. Meski daya pacu awalnya hanya 3,2 GHz, namun seperti seri lainnya, kemampuan prosesor ini bisa digenjot sampai maksimum 4 GHz. Prosesor ini juga memudahkan pengguna motherboard AM3+ untuk upgrade karena soket yang digunakan sama. Jadi, lebih hemat tanpa harus membeli motherboard lagi. Harga AMD FX8320E dibanderol pada angka Rp 1,8 jutaan.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.