Selamat datang di mediapangandaran.com
7 Tips Memilih Bisnis Online Tanpa Menggunakan Modal
7 Tips Memilih Bisnis Online Tanpa Menggunakan Modal

7 Tips Memilih Bisnis Online Tanpa Menggunakan Modal

Tips ini merupakan kiat cara memilih bisnis online yang tanpa menggunakan atau memerlukan modal. ilustrasi (Net)

7 Tips Memilih Bisnis Online Tanpa Menggunakan Modal
MediaPangandaran.com - Bisnis online tanpa menggunakan modal mempunyai 2 sisi positif dan negatif. Sisi positifnya adalah Anda tidak usah keluar modal, gampang dilakukan, dan mempunyai keuntungan yang menjanjikan. Anda dapat mengawali bisnis tanpa modal dengan menjadi blogger, freelancer, paid survey, desain grafis, affiliate marketing,  dropshipper dan lain sebagainya.

Tetapi sisi negatifnya ialah tidak sedikit terjadi penipuan di dalam bisnis online, khususnya bisnis Multi Level Marketing (MLM) yang bersifat online. Banyak yang kena tipu lantaran iming-iming keuntungan besar sedangkan pekerjaannya mudah. Nah, supaya tidak tertipu di kemudian hari Anda perlu mengenali tips memilih bisnis online tanpa menggunakan modal.

Menggunakan TLD (Top Level Domain)
Anda dapat memilih bisnis online yang telah memakai Top Level Domain misalnya .co.id, .id, dan .com. Janganlah percaya bila nama domain yang dipakai bisnis online itu cuma memakai domain gratisan seperti .wordpress, .blogspot.com dan lain sebagainya. Disamping itu, Anda juga dapat memeriksa informasi mengenai pemilik domain itu di who.is. Bila nama pemilik domain merupakan nama pribadi dan belum memakai nama yang telah memiliki badan hukum resmi, sebaiknya Anda perlu curiga.

Memiliki Badan Hukum Resmi
Bisnis online yang telah memiliki badan hukum resmi kecil kemungkinan melakukan penipuan. Pasalnya hal ini tentu akan mempermudah pihak kepolisian menangkapnya. Selain itu bisnisnya telah mempunyai izin resmi dari pemerintah, jadi bisnisnya tak akan terdapat permasalahan di kemudian hari yang mewajibkan ditutup oleh pemerintah.

Memiliki Kredibilitas Tepercaya
Kredibilitas adalah salah satu hal yang utama dalam bidang bisnis online. Kredibilitas merupakan ukuran pada kekuatan, kapabilitas, dan kualitas untuk menciptakan rasa percaya kepada masyarakat. Guna mengetahui kredibilitasnya, baik atau tidak, Anda dapat melihatnya dari beberapa informasi seperti:
a. Banyaknya testimoni hal positif dari pelanggan.
b. Bisnis online tersebut memiliki rating atau penilaian baik.
c. Media sosial milik bisnis online tersebut harus selalu rutin update.
d. Tersedia kontak yang dapat dihubungi.
e. Mempunyai Costumer Service yang aktif selama jam kerja.

Mempunyai Bangunan Kantor
Pilihlah bisnis online yang mempunyai kantor. Meskipun usaha yang dijalankan merupakan bisnis online, eksistensi kantor adalah salah satu hal utama yang mesti diperhatikan sebelum memilih gabung dengan bisnis itu. Dengan tersedianya kantor, Anda bisa lebih gampang mengenali apakah bisnis itu berjalan dengan baik dan lebih terjamin layanannya serta mempermudah bila Anda mendapatkan kendala atau kesulitan dalam bisnis.

Pilih yang Mempunyai Banyak Anggota
Salah satu pedoman yang dapat menjadi acuan jika bisnis itu tepercaya adalah banyaknya jumlah anggota yang ikut bergabung. Alhasil sebelum Anda memilih bisnis online, coba cari tahu berapa anggota yang sudah join dan apa saja yang dapat diperoleh bila join dengan bisnis itu guna memastikan apakah akan join atau tidak. Anda pun dapat bertanya langsung pada salah satu anggota yang sudah join supaya lebih yakin. 

Cek Testimoni dam Bukti Bayar
Coba mencari tahu testimoni dari anggota bisnis online tersebut dan periksa keaslian bukti pembayaran yang sudah diterima oleh mereka agar Anda tidak tertipu.

Jangan Mudah Tergiur
Terakhir, Anda tidak boleh gampang tergoda oleh iklan yang menarik. Memang agak sulit untuk membedakan mana bisnis online yang benar dan bisnis online yang menipu.

Bila seluruh tips bisnis online di atas telah dilakukan semua, minim kemungkinannya Anda tertipu oleh bisnis online. Pikirlah sebelumnya apakah logis ataukah tidak antara pekerjaan yang dilakukan dengan hasil yang diperoleh.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.