Selamat datang di mediapangandaran.com
6 Tips Memulai Bisnis Tanpa Harus Meninggalkan Pekerjaan Anda di Kantor
6 Tips Memulai Bisnis Tanpa Harus Meninggalkan Pekerjaan Anda di Kantor

6 Tips Memulai Bisnis Tanpa Harus Meninggalkan Pekerjaan Anda di Kantor

Tips ini dapat membantu Anda yang ingin memulai bisnis sampingan tanpa meninggalkan pekerjaan utama di kantor.

6 Tips Memulai Bisnis Tanpa Harus Meninggalkan Pekerjaan Anda di Kantor
MediaPangandaran.com - Tidak sedikit orang yang berkhayal untuk mempunyai sebuah bisnis sehingga nekat keluar dari zona nyaman guna berjuang membangun bisnisnya. Tetapi, tidak sedikit pula yang tidak dapat keluar dari pekerjaannya selaku seorang karyawan di suatu perusahaan. Sebagian dari mereka akan tetap melakukan pekerjaannya dan mulai membuka bisnis sendiri. Hal ini tentunya sulit, akan ada beberapa tantangan yang dijumpai.

Berikut ini beberapa tips yang mesti dilakukan bila Anda mau memulai bisnis tanpa mesti meninggalkan pekerjaan.

Mempunyai Komitmen Tinggi
Mempunyai bisnis tanpa mesti meninggalkan pekerjaan di kantor cukupalah sulit. Diperlukan kemauan dan niat yang kuat untuk menjalani keduanya secara berbarengan. Supaya tiada satu pun yang terlantar, komitmen merupakan hal wajib yang mesti dimiliki. Dengan komitmen yang kuat maka seberapa besar tantangan yang dihadapi akan lebih ringan untuk dijalani sebab sebesar apa pun tantangannya tentu akan ada jalan keluar untuk menggapai keberhasilan.

Tentukan Visi Pribadi
Sesudah mempunyai komitmen yang kuat, hal berikutnya yang mesti dilakukan yakni menentukan visi dalam bisnis sampingan. Tulislah dengan cara terinci dan lengkap visi bisnis/usaha yang akan Anda jalankan, mulai dari sejarah bisnis, produk yang ditawarkan sampai pelanggan yang telah membeli produk yang Anda jual. Tulis pula pendapatan bulanan yang Anda peroleh dari bisnis itu. Kemudian coba pahami visi yang sudah dibuat. Dengan demikian Anda dapat lebih fokus memajukan bisnis dan luput dari pikiran negatif.

Belajar dengan Ahli
Bila ingin berhasil bekerja sembari merintis bisnis, hal lain yang mesti dilakukan yakni belajar bersama orang yang telah berpengalaman menjalnkan bisnis. Lalu coba pahami ide kreatif, saran-saran, serta segala tantangan yang mereka hadapi dalam berbisnis. Dengan demikian, Anda akan tambah termotivasi guna meraih tujuan serta impian. Bila Anda tidak mempunyai teman yang sudah memiliki pengalaman dalam usaha, Anda dapat memulainya dengan mencari tahu kehidupan para pengusaha sukses melalui internet atau dengan menghadiri seminar bisnis.

Manage Stres dengan Baik
Bekerja sembari bisnis tentu bisa merampas waktu, pikiran dan tenaga yang lebih banyak. Hal itu pasti bisa membuat Anda jadi lebih gampang stres. Guna memperkecil risiko stres berlebihan, janganlah pernah membiarkan diri Anda larut dari kesibukan dan berikanlah waktu bagi tubuh untuk istirahat secukupnya. Coba gunakan waktu senggang untuk rileks dan happy sebentar, atau hanya merasakan waktu sendiri. Dengan demikian, risiko terkena stres dalam diri akan sedikit menurun.

Jadi Lebih Efisien
Menjalani rutinitas di kantor selaku karyawan sekalian jadi seorang pebisnis/pengusaha, artinya Anda mesti mempunyai manajemen waktu yang bagus. Coba buatlah daftar pekerjaan yang merupakan prioritas Anda dalam sehari. Di mana, daftar ini akan menunjang memisahkan antara tanggung jawab di kantor dan konsentrasi Anda dalam menjalani bisnis.

Pisahkanlah Pekerjaan dan Bisnis
Guna melindungi keduanya selalu seimbang, Anda mesti berani mengkomunikasikan  pada konsumen atau klien mengenai keterbatasan Anda. Di mana, ada waktunya Anda dapat dihubungi dan ada waktunya Anda akan menanggapi dengan waktu yang agak lama. Anda pun dapat memberitahukan pada mereka kalau Anda tetap dapat menjalankan pelayanan di luar jam kerja atau hari libur. Hal tersebut yang dapat menjadi kelebihan Anda ketimbang pengusaha yang lainnya.

Demikianlah 6 tips memulai bisnis tanpa harus meninggalkan pekerjaaan Anda di kantor. Semoga bermanfaat!
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.