6 Cara Memaksimalkan Fungsi ES File Explorer
6 Cara Memaksimalkan Fungsi ES File Explorer

6 Cara Memaksimalkan Fungsi ES File Explorer

Es File Explorer merupakan aplikasi file manager yang memiliki fungsi lengkap.

6 Cara Memaksimalkan Fungsi ES File Explorer
MediaPangandaran.com - Terdapat beberapa aplikasi file manager yang tersedia di Play Store. Salah satu yang menjadi favorit adalah ES File Explorer. Berdasarkan statistik Google, file manager tersebut sudah diunduh lebih dari 50 juta kali.

Melihat fungsinya, ES File Explorer dapat Anda gunakan untuk mengelola file yang disimpan, baik di memory internal maupun external. Aktivitas copy, cut, hingga membuat folder baru dapat dilakukan dengan mudah. Sama seperti fungsi Windows Explorer di OS Windows. Namun sebenarnya fungsinya jauh dari itu. Masih terdapat beberapa fungsi lainnya yang dapat dioptimalkan. Bisa saja sebagian besar dari Anda bahkan belum tahu bahwa fungsi-fungsi di bawah ini bisa dilakukan di ES File Explorer.

Akses File di PC via WIFI
Jika Anda berada di kantor atau sekolah dan terdapat sebuah PC yang dijadikan server sebagai tempat menyimpan file, maka smartphone atau tablet Anda dapat mengakses file tersebut melalui koneksi WiFi. Syaratnya adalah jaringan WiFi yang digunakan harus sama dengan PC. Sapukan layar dari kiri ke tengah untuk menampilkan panel menu, kemudian pilih opsi Network>LAN. Tap Scan di bagian bawah layar, dan nama C akan ditampilkan. Pilih untuk mengaksesnya.

Uninstal Beberapa Aplikasi Sekaligus
Tentu hal ini lebih cepat dibandingkan jika harus meng-uninstal beberapa aplikasi satu-per satu. Terdapat aplikasi di Play Store yang menyediakan fungsi tersebut, namun Es File Explorer telah menyediakannya secara built-in. Akses panel menu, lalu pilih opsi Library>App. Kemudian pilih beberapa aplikasi yang akan dihapus. Tap tombol Uninstal di bagian bawah layar untuk melakukan proses. Tunggu sejenak dan proses uninstal akan berjalan.

Menyembunyikan File Media
Secara default, semua konten file multimedia yang ada di folder akan ditampilkan di Gallery (atau Photos untuk pengguna Lollipop). Tentu ada konten yang tidak ingin Anda tampilkan. Caranya mudah, cukup rename folder kemudian tambahan titik (.) di depannya. Contohnya jika Anda ingin menyembunyikan foto-foto dari WhatsApp agar tak muncul di Gallery, cukup rename folder "WhatsApp_image" di SD card menjadi ".WhatsApp_image."

Memproteksl File dengan Password
Jika Anda memiliki file yang sifatnya sensitif dan tidak ingin orang lain mengaksesnya, maka proteksi saja dengan password. Ya, ES File Explorer dapat melakukannya untuk Anda. Tap dan tahan lama file yang akan diproteksi, kemudian tap More>Encrypt. Inputkan password sebagai proteksi lalu tap OK. Untuk membuka proteksi, ulangi langkah satu tetapi pilih opsi Decrypt. Inputkan password.

Ekstrak APK Dari Instalasi Aplikasi
Ketika Anda menginstal sebuah aplikasi dari Play Store, maka secara otomatis tak akan mendapatkan file instalemya (APK). Anda dapat mengekstrak file APK dari instalasi aplikasi sebagai langkah backup. Akses panel menu, lalu pilih opsi Library>Apps. Kemudian pilih aplikasi yang file installernya ingin di-backup. Lalu tap Backup di bagian bawah layar. Yang, perlu dicatat adalah tak semua aplikasi dapat di-backup.

Transfer File Cepat Antar 2 Gadget
Pastikan 2 gadget (pengirim dan penerima) terhubung dengan jaringan WiFi yang sama. Jika tidak tersedia, jadikan gadget penerima sebagai WiFi hotspot. Gadget penerima juga harus menginstal ES File Explorer. Pada gadget pengirim, tap dan tahan lama file (Anda bisa memilih lebih dari satu file) lalu tap tombol More>Send. ES File Explorer akan melakukan pemindaian. Jika sudah nama gadget penerima akan ditampilkan di daftar. Tap saja untuk melakukan proses pengiriman file.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.