5 Manfaat Anggur untuk Kesehatan Kulit
5 Manfaat Anggur untuk Kesehatan Kulit

5 Manfaat Anggur untuk Kesehatan Kulit

Anggur mengandung zat dan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Masker anggur mampu mencerahkan kulit wajah.

5 Manfaat Anggur untuk Kesehatan Kulit
MediaPangandaran.com - Wajah yang cerah merona membuat seorang wanita terlihat semakin cantik dan segar. Terkadang karena kesibukan seseorang lupa merawat kecantikan. Alhasil, wajah terlihat lelah dan kusam. Apalagi jika dalam aktivitasnya sering terpapar sinar matahari, polusi dan make up berat. Masker buah anggur dapat menyegarkan kulit dan membuat kulit cerah merona. Benarkah?

Terkadang aktivitas yang super padat membuat seseorang lupa merawat diri atau bahkan memang tidak sempat. Alhasil, wajah terlihat kusam dan lelah. Padahal, merawat kecantikan tak harus selalu di salon atau di klinik kecantikan tetapi juga bisa dilakukan di rumah. Perawatan sederhana di antaranya masker wajah menggunakan bahan-bahan alami seperti anggur bisa membuat wajah cerah merona. Penampilan pun terlihat segar.

Kandungan Anggur
Buah anggur merupakan buah-buahan yang banyak ditemukan di daerah dataran rendah. Berbeda dengan tanaman lainnya, anggur justru memerlukan waktu kemarau yang panjang untuk menghasilkan buah. Jenis tanaman merambat ini memerlukan intensitas cahaya matahari agar dapat tumbuh dengan baik.

Manfaat Anggur
Kandungan-kandungan yang terdapat di dalam anggur mampu mencerahkan kulit wajah, menghilangkan vlek hitam, bekas jerawat, melembabkan kulit, melembutkan kulit, menyegarkan kulit dan menghilangkan minyak yang berlebih pada wajah, sehingga dijadikan masker.

Secara umum manfaat dari buah anggur antara lain:
Sebagai Antiaging
Radikal bebas yang merupakan penyebab utama masalah penuaan yang ditandai dengan munculnya keriput dan kerutan pada kulit. Antioksidan yang ada pada buah anggur dapat melindungi dari efek berbahaya radikal bebas, mengurangi penampakan keriput dan noda hitam, menjaga elastisitas kulit, melancarkan peredaran darah untuk kulit sehat, bercahaya dan awet muda.

Mencerahkan Warna Kulit
Anggur dapat membantu mencerahkan warna kulit yang tidak rata. Campuran anggur dan madu jika digunakan secara rutin pada wajah selama 20-25 hari akan menghasilkan kulit wajah yang lebih cerah.

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari
Daging buah dan ekstrak biji anggur mengandung proanthocyanidins dan resveratrol yang bekerja sebagai antioksidan. Penggunaan ekstrak biji anggur pada kulit dapat melindungi radiasi sinar ultraviolet. Fungsi lainnya adalah sebagai sunscreen yang mampu mengurangi kemerahan akibat terbakar sinar matahari dan mengangkat sel-sel kulit mati yang rusak. Karena itu anggur sering dijadikan lotion dan tabir surya.

Memperbaharui Sel-sel Kulit
Beberapa asam organik pada anggur berguna membuat muda sel-sel kulit. vitamin C diperlukan untuk pembentukan kolagen, yang penting bagi pertumbuhan sel dan pembuluh darah. Dan sebanyak 70 person kulit manusia dibentuk oleh kolagen. Anggur juga dapat menjauhkan kulit dari berbagai macam penyakit dengan cara mengeluarkan racunnya dari dalam tubuh. Resveratrol pada tanaman anggur dapat mencegah kulit dari cuaca buruk dan membuat kulit awet muda.

Pertumbuhan Rambut
Di samping bermanfaat untuk kulit, anggur juga memiliki manfaat untuk rambut. Penangkal radikal bebas pada anggur bisa meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga mempercepat pertumbuhan rambut. Minyak yang diekstrak dari biji anggur mudah diserap oleh kulit kepala sehingga membuat rambut lembut, berkilau dan mudah diatur.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.