Selamat datang di mediapangandaran.com
5 Cara Meningkatkan Rasa PeDe
5 Cara Meningkatkan Rasa PeDe

5 Cara Meningkatkan Rasa PeDe

Inilah tips cara meningkatkan rasa percaya diri (PeDe) yang harus anda ketahui

5 Cara Meningkatkan Rasa PeDe
MediaPangandaran.com - Percayalah Sang Pencipta sudah sedemikian adilnya. Setiap orang tercipta bak mata uang. Satu sisi salihg melengkapi sisi lainnya. Di balik kekurangan yang kita miliki pasti ada kelebihan, di balik kelemahan pasti terkandung kekuatan. So, nggak ada alasan untuk menarik diri, minder atau merasa rendah diri. Kamu harus percaya diri (PeDe). Namun bagaimana cara meningkatkan rasa PeDe tersebut?

Yup, tunggu apa lagi, tunjukan pada dunia bahawa sebenarnya kamu bisa. Nah, untuk membangkitkan kepercayaan diri itu, kamu bisa mulai melangkah dengan cara meningkatkan rasa PeDe berikut ini.

Benahi Penampilan
Ingat, jargon sebuah iklan yang bilang, kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah anda. Yap, kesan pertama itu didapat dari penampilan. Karena itu berdirilah di depan cermin, perhatikan penampilan fisikmu, rapikan pakaianmu, usahakan untuk tetap matching, nggak perlu yang baju dan aksesoris bagus atau bermerk, yang penting rapi 'n sedap dipandang mata. Tampillah sesempurna mungkin, tentu saja agar orang lain tertarik dan menilai positif.

Objektif menilai diri sendiri
No body's perfect, begitu kata orang bule. Nggak ada seorang pun di dunia ini yang tercipta dalam kesempurnaan. Pun nggak ada orang di jagat raya ini yang benar-benar tidak berguna. So, jujurlah menilai diri sendiri. Percayalah kalau kamu punya kelebihan, punya kemampuan yang sama seperti mereka. Gali potensi yang masih terpendam. Ingat, tidak ada orang yang bodoh yang ada hanya mereka yang malas!

Basa basi
Untuk meningkatkan rasa percaya diri, berbasa-basi sedikitlah. Ini juga penting untuk menetralisir rasa gugup yang mungkin dialami ketika harus berhadapan denga orang lain. Lumayan bisa jadi jalan pembuka untuk tahap selanjutnya.

Bicaralah yang lugas
Salah satu ciri orang yang nggak pede adalah tidak bisa bicara secara lugas. Ngomongnya muter-muter nggak jelas juntrungannya, kacau balau bikin lawan bicaranya pusing, dan terkesan gagap. Untuk menghindari hal itu bicaralah yang tenang, tarik nafas, atur setiap kata yang akan diucapkan, susun kalimat yang baik dalam otak terlebih dulu. Dengan begitu pengucapan akan lebih lancar. Juga perhatikan volume suara, jangan terlalu tinggi. Bicaralah secara tegas dan lugas agar bisa dipahami lawan bicara. Ingat, gaya bicara jadi penilaian penting setelah penampilan.

Tau diri
Jadilah orang yang bisa menempatkan diri dalam situasi dan kondisi apa pun. Jadilah orang yang tau kapan harus berbicara dan kapan harus jadi pendengar. Kapan harus berkata tidak dan kapan harus berkata ya. Sebab dengan menempatkan diri secara sempurna kecil kemungkinan untuk melakukan kesalahan dan terjebak dalam situasi yang tidak nyaman.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.