5 Cara Agar Tetap Fit di Musim Hujan
5 Cara Agar Tetap Fit di Musim Hujan

5 Cara Agar Tetap Fit di Musim Hujan

Inilah Tips Cara Agar Tetap Fit di Musim Hujan

5 Cara Agar Tetap Fit di Musim Hujan
MediaPangandaran.com - Musim hujan tengah melanda kita. Bagi pesepeda, mungkin ini sedikit mengganggu acara bersepeda. Ketika daya tahan tubuh (endurance) menurun alias kurang fit, beragam penyakit pun muncul. Acara bersepeda jadi sedikit terganggu. Untuk itu, menjaga kebugaran sangat dianjurkan terutama ketika musim hujan. Lantas bagaimana cara agar tetap fit di musim hujan?

Setidaknya ada 5 cara agar tetap fit di musim hujan. Simaklah tips-tips berikut ini:
1. Memilih makanan. Makan makanan bergizi terutama yang mengandung karbohidrat dan protein sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan berlemak tak jenuh (unsaturated fat) seperti alpukat, ikan dan kacang-kacangan sangat disarankan. Perbanyaklah mengkon-sumsi sayuran hijau, dan buah-buahan semisal pisang, jeruk, dan tomat. Selain itu, hindarilah makanan yang mengandung vitamin bu-atan yang banyak dijual di supermarket atau toko obat. Mengonsumsi makanan bervitamin alami lebih baik ketimbang makanan bervitamin buatan.

2. Minum secara teratur. Ketika musim hujan, air di bidon biasanya lebih awet karena udara yang dingin. Anda pun agak malas meraih bidon. Namun, ini bukan berarti Anda jarang minum. Ingat, menenggak air secara rutin bisa melumasi perut dan membasahi usus-usus dalam tubuh. Selain itu, rutin minum juga bisa mempertahankan warna urin.

3. Pakailah jas hujan dan pakaian penghangat. Jas hujan boleh jadi teman setia ketika gowes di musim hujan. Ini penting mengingat fungsinya sebagai pelindung tubuh dari air hujan dan cuaca dingin. Tak lupa membawa cover bag untuk melindungi tas ketika bersepeda. Jika anda menginap, bawalah sleeping bag dan pakaian penghangat semacam sweater, jaket, dan penutup kepala semisal kupluk atau buff.

4. Jaga kebersihan. Kebersihan sebagian dari iman. Menjaga kebersihan memang penting terutama bagi pesepeda. Usai bersepeda jangan lupa membersihkan badan terutama sehabis hujan-hujanan. Pakailah masker jika bepergian ke luar, terutama di tem-pat keramaian. Jika kita selalu menjaga kebersihan, kuman dan bakteri pembawa penyakit pun ogah mampir.

5. Indoor training. Ketika hujan deras mengganggu acara bersepeda, Anda bisa memutar otak dengan latihan indoor menggunakan sepeda statis. Anda bisa berlatih di rumah sambil menonton televisi atau mendengarkan musik. Latihan beban (weight training) bisa dilakukan sebagai latihan alternatif guna menjaga endurance Anda.

Jika Anda sudah mengikuti tips-tips di atas, lantas acara boseh Anda tidak seperti yang diharapkan, jangan patah semangat. Teruslah berusaha, terutama berusaha mengenali diri sendiri.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.