4 Penyakit Turunan Pada Mata Anak yang Wajib di Waspadai
4 Penyakit Turunan Pada Mata Anak yang Wajib di Waspadai

4 Penyakit Turunan Pada Mata Anak yang Wajib di Waspadai

Ada 4 penyakit turunan pada mata anak yang harus diwaspadai, yakni ptosis, glaukoma, katarak dan retinoblastoma.

4 Penyakit Turunan Pada Mata Anak yang Wajib di Waspadai
MediaPangandaran.com - Penyakit turunan pada mata sulit diantisipasi. Namun, dengan deteksi awal, penanganannya bisa langsung dilakukan secara cepat. Segera lakukan konsultasi dengan dokter mata jika ditemukan gejala-gejala yang dicurigai menjadi bagian dari kelainan pada mata.

Selain gangguan refraksi mata, ada beberapa penyakit turunan yang sering ditemukan pada mata. Tak hanya pada orang dewasa, kelainan juga dapat ditemukan pada anak-anak. Berikut ini 4 penyakit turunan pada mata anak, diantaranya:

1. Kelainan pada kelopak mata (ptosis)
Pada kelainan jenis ini, kelopak mata sulit terbuka, jika pun bisa terbuka tak terjadi secara sempurna. Hal itu disebabkan ukuran bukaan kelopak mata penderita lebih kecil daripada kelopak mata yang normal. Ukuran bukaan kelopak mata yang kecil ini juga akan menekan bola mata. Gejala yang tampak dari penderita penyakit ini adalah kesulitan membuka mata dan kemungkinan iritasi karena mata tertekan oleh kelopak mata.

2. Glaukoma
Glaukoma disebabkan oleh meningkatnya tekanan cairan di dalam bola mata. Naiknya tekanan pada bola mata disebabkan oleh gangguan pada saluran pembuangan cairan mata. Glaukoma lebih disebabkan oleh faktor genetik. Akan tetapi, orang yang tak punya riwayat keturunan glaukoma juga memiliki risiko.  Beberapa gejala yang tampak adalah mata membesar, merah, peka terhadap cahaya, dan berair. Glaukoma juga dapat menimpa anak-anak. Penglihatannya akan hilang jika dibiarkan berlarut-larut.

3. Katarak
Katarak adalah kelainan mata yang disebabkan oleh kekeruhan yang ada pada lensa mata. Kekeruhan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk genetika. Orang dewasa dan anak-anak memiliki risiko yang sama dalam mengalami kelainan ini. Namun, beberapa penyakit yang ditemukan oleh orang dewasa juga bisa memantik potensi katarak, seperti metabolisme dan diabetes. Gejalanya antara lain, pupil yang seharusnya berwarna hitam akan tampak keruh dengan cairan-cairan putih. Cairan putih ini bersumber dari penggumpalan protein yang berlangsung di di seputar lensa mata.

4. Retinoblastoma
Nama lain dari retinoblastoma adalah tumor mata. Tumor ini dapat berkembang dan menjalar kemana-mana. Faktor genetis yang menyebabkan kelainan mata jenis ini sangat kuat. Bahkan, anak-anak berusia 2-5 tahun juga berpotensi terjangkit. Tumor ini dapat muncul di dalam mata serta di luar mata.

Demikianlah 4 jenis penyakit turunan pada mata anak yang semestinya diwaspadai agar mata anak terhindar darinya.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.