4 Cara Mengurangi PeDe yang Kelewat Tinggi
4 Cara Mengurangi PeDe yang Kelewat Tinggi

4 Cara Mengurangi PeDe yang Kelewat Tinggi

Percaya Diri atau pede kelewat tinggi ternyata tidak baik. Inilah tips untuk mengurangi PeDe yang kelewat tinggi.

4 Cara Mengurangi PeDe yang Kelewat Tinggi
MediaPangandaran.com - Apa pun yang berlebihan itu tidaklah baik. Termasuk percaya diri alias pede yang kelewat tinggi. Sebab orang-orang yang kelewat pede cenderung bersikap sombong dan mau menang sendiri. Seolah cuma dia yang pantas dan mampu. Lalu bagaimana mengurangi pede agar tidak kelewat tinggi?

Untuk mengurangi pede itu tak ada jalan lain kecuali menyadari bahwa kamu tidak hidup sendirian di bumi ini. Di sekelilingmu itu masih banyak orang lain yang juga punya hak yang sama. So, toleransi dan tenggang rasa itu mutlak diperlukan. Lalu segera turunkan kepedeanmu dengan cara:

Siapkan rem
Orang yang punya pede kelewat tinggi biasanya punya ambisi yang besar, punya keinginan dan cita-cita yang harus tercapai. Mereka bertekad harus mendapatkan semua yang diinginkan kalau perlu dengan menghalalkan segala cara. Ibarat mobil dengan rem yang blong, pasti akan nabrak, nyusruk dan hancur lebur sebelum sampai di tujuan. So, siapkan rem untuk mengurangi laju ambisimu itu. Dengan begitu bisa menghindari bahaya fatal yang merugikan dirimu sendiri. Haruskah itu terjadi sebelum kamu menikmati hasil yang diinginkan?

Tahu diri
Ada pepatah bilang, di atas langit masih ada langit. Itu artinya sehebat apa pun kita, masih ada orang lain yang lebih hebat. Masih ada orang lain yang punya kemampuan lebih dibanding kita. Karena itu jangan merasa diri selalu mampu untuk melakukan sesuatu. Juga jangan menganggap remeh orang lain. Ini penting untuk mencegah kamu terjebak dalam sebuah kesombongan yang memuakkan. Percayalah nggak ada seorang pun yang sudi berdampingan dengan si angkuh.

Jangan maksa
Sebelum menggantungkan cita-cita ke langit, ada baiknya ukur dulu kemampuan diri. Apakah kedua tanganmu itu bisa menjangkau langit atau tidak? Artinya mengetahui potensi diri itu penting. Mengetahui batas kemampuan yang kamu miliki itu mutlak. Untuk menghindari kalau ternyata apa yang kamu impikan tidak tercapai lantaran situasi dan kondisi yang tidak mememungkinkan. Jika itu terjadi cuma kekecewaan dan penyesalan yang kamu dapatkan, bukan impian itu sendiri. So, sebelum jadi pecundang sadarilah bahwa kamu punya keterbatasan.

Minta nasehat
Ini adalah salah satu cara ampuh untuk mengerem diri. Sekalipun kamu punya potensi dan kemampuan yang cukup, tapi tetaplah bersikap bijak, dengarkan opini orang lain, mintalah nasehat pada mereka. Ini penting untuk mengontrol terlebih bila yang kita lakukan sudah kelewat batas. Masukan orang lain bisa jadi sangat berharga. Karena itu jangan ragu-ragu untuk meminta nasehat mereka, sebab bisa jadi mereka punya sudut pandang yang berbeda, mereka bisa melihat hal-hal yang luput dari penglihatan kita.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.