Wisata Desa Kersaratu, Desa Asri Penuh dengan Kearifan Lokal
Wisata Desa Kersaratu, Desa Asri Penuh dengan Kearifan Lokal

Wisata Desa Kersaratu, Desa Asri Penuh dengan Kearifan Lokal

Inilah informasi destinasi Wisata Desa Kersaratu Pangandaran yang asri dan penuh kearifan lokal. (Dinas Pariwisata Kab. Pangandaran)

Wisata Desa Kersaratu, Desa Asri Penuh dengan Kearifan Lokal
MediaPangandaran.com - Desa Kersaratu merupakan salah satu desa di Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran yang kuat sekali dengan kearifan lokalnya, keramahan masyarakatnya, dan budaya pedesaan yang amat kuat dengan pertanian membuat desa ini menjadi salah satu desa yang berpotensi menjadi desa wisata agroforestry.

Potensi wisata Desa Kersaratu dari sisi wisata agroforestry yakni kelebihan pertaniannya yang memakai pupuk berbahan organik yang dibuat dari kotoran ternak dan bantuan pemerintah desa dalam meningkatkan produksi pertanian, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Pengolahan sawah juga masih alami menggunakan cangkul dan kerbau yang dipelihara oleh para petani guna membajak sawah sengkedan yang berupa punden berundak mirip candi yang hijau, dan bisa dilihat juga aktivitas petani gula merah di tepian sawah yang mengolah air nira jadi gula.

Di desa ini pun tumbuh beraneka ragam buah-buahan yang hasilnya melimpah diantaranya buah manggis, yang mempunyai antioksidan tinggi bernama xanthone. Kulit buah manggis bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti stroke, diabetes, kanker, HIV AIDS, jantung dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ada pula buah yang telah terkenal dengan rasanya dan dikenal dengan julukan raja buah yakni buah durian. Durian dipercaya bermanfaat untuk mengatasi anemia (kurang darah), menstabilkan kadar gula darah, melancarkan pencernaan, menghambat penuaan dini, menutrisi tulang dan gigi, mencegah kelelahan dan depresi secara alami. Selain itu ada juga buah-buahan lainnya seperti nanas, langsat, duku, kelapa, dan sebagainya. Selain itu desa kersaratu juga merupakan penghasil sayur-sayuran seperti kangkung, pakis, dan yang lainnya.

Salah satu objek wisata di Pangandaran ini memiliki beberapa aktivitas wisata. Adapun aktivitas wisata yang bisa di lakukan pengunjung saat berkunjung ke Wisata Desa Kersaratu tersebut diantaranya yaitu menjelajah desa, berfose, river tubing, dll. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan saat ke Wisata Desa Kersaratu selengkapnya :
  • Memancing ikan
  • Bercocok tanam
  • Menjelajah desa
  • Fotografi
  • Berenang di air terjun
  • River tubing dan body rafting
  • Mempelajari proses pemanenan buah di Desa Kersaratu
  • Mengunjungi wisata alam air terjun Curug Luhur dan Curug Pule
  • Melihat industri kreatif pembuatan gula kelapa
  • Melihat kegiatan karakteristik penduduk lokal
Potensi Wisata Desa Kersaratu memang mempunyai daya tarik istimewa dengan alam, hutan dan tumbuh-tumbuhannya yang masih nampak alami. Air yang mengalir dari hilir ke ujung sungguh demikian asri menciptakan surga yang demikian menarik untuk kaum wisatawan.

Untuk yang ingin menikmati wisata alam di Desa Kersaratu, maka wisatawan bisa berkumpul di kantor desa yang nantinya akan diantar oleh Kompepar Desa menuju Kampung Cibodas untuk menaiki bukit yang demikian indah. Kemudian melihat panorama dari ujung Bagolo hingga Langkap Lancar, diteruskan menuju Curug Pule yang mempunyai ketinggian sekitar 32 meter. Deburan air curug ini sangat indah karena dapat membentuk sebuah pelangi.
Advertisement

Baca juga:

Admin
I'm a Blogger. Hidup adalah perjuangan, dan perjuangan dalam hidup itu sendiri adalah ibadah. Lakukan apapun atas dasar ibadah, Insya Alloh berkah. Aamiin.