Upaya Wujudkan Kesejahteraan Sosial
Upaya Wujudkan Kesejahteraan Sosial

Upaya Wujudkan Kesejahteraan Sosial

Upaya Wujudkan Kesejahteraan Sosial
MediaPangandaran.com - Masalah kesejahteraan sosial adalah masalah yang universal. Masalah ini tumbuh sejak adanya interaksi manusia di dalam hubungan dengan pemuasan kebutuhan. Usaha manusia sejak bearabad-abad adalah untuk mewujudkan kesejahteraan sosial.

Pengertian sejahtera selalu tergantung kepada faktor waktu, situasi dan tempat. Oleh karena itu, pengertian kesejahteraan pun selalu berubah sesuai dengan kemajuan dan cara berfikir suatu masyarakat. Perjuangan bangsa Indonesia dalam bentuk perang kemerdekaan ialah perjuangan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera yaitu masyarakat yang adil dan makmur tata tentrem kerta raharja.

Sebagai suatu bangsa yang baru merdeka, Republik Indonesia mengalami masalah-masalah sosial yang kompleks. Banyak masalah sosial yang sudah ditanggulangi, tetapi banyak pula masalah-masalah sosial yang belum teratasi. Masyarakat adil makmur merupakan das-sollen yang perlu diperjuangkan, sedang dalam kenyataannya dewasa ini (das-sein) semua itu masih jauh dari harapan dan tujuan.

Ternyata usaha pemerintah Republik Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan sosial mengalami hambatan-hambatan. Hambatan-hambatan tersebut merupakan hambatan umum sebagai negara yang sedang berkembang, maupun hambatan-hambatan tertentu dan ekses yang tidak wajar dalam pembangunan pada struktur sosial.

Masalah sosial yang terus berkembang dan semakin kompleks, sebenamya merupakan keadaan yang sejajar dengan perkembangan masyarakat dunia yang semakin maju dan berkembang. Dalam beberapa hal, partisipasi dari anggota masyarakat belum dapat dikatakan sempurna, hal ini erat hubungannya dengan keadaan kehidupan masyarakat yang belum semuanya dapat mengikuti perkembangan dan perubahan.

Kesejahteraan sosial di Indonesia bukanlah kesejahteraan seperti liberalisme dengan prinsip kebebasannya yang tidak terbatas, juga bukan kesejahteraan sosial seperti paham komunisme dengan diktator proletar-nya. Kesejateraan di Indonesia diarahkan untuk kemakmuran bersama, hidup saling untung-menguntungkan, bukan untung-merugikan atau rugi-merugikan.

Selanjutnya mari kita renungkan pernyataan tentang kesejahteraan sosial menurut Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yakni “Pernyataan Sejagad Tentang Kesejahteraan Sosial”.

Kesejahteraan sosial adalah keadaan kesejahteraan yang penuh baik fisik, mental maupun sosial dan adalah tidak hanya perbaikan dari keburukan-keburukan sosial tertentu. Kebahagiaan untuk mencapai taraf hidup yang setinggi-tingginya adalah salah satu dari hak dasar tiap manusia dengan tidak membedakan bangsa, agama, kepercayaan, politik, keadaan ekonomi dan sosial.

Kesejahteraan seluruh rakyat adalah fundamental untuk mencapai perdamaian dan ketentuan-ketentuan dan tergantung dari kerjasama yang lengkap antara orang-orang dan negara. Gerak dari tiap negara untuk mencapai perkembangan dan penjagaan kesejahteraan sosial adalah berharga bagi semua. Pertumbuhan yang tidak sama di beberapa negara dalam memperkembangkan kesejahteraan sosial, terutama dalam hubungannya dengan penghapusan kemiskinan adalah merupakan bahaya umum.

Pertumbuhan anak secara normal adalah kepentingan dasar, kemampuan untuk hidup harmonis dalam lingkungan lengkap yang berubah adalah essensie dari pertumbuhan itu.

Penyebaran ke seluruh rakyat dari keuntungan sosial, psikologis dan medis dan pengetahuan yang hubungannya rapat dengan itu adalah essensi untuk mencapai secara penuh kesejahteraan sosial. Pendapat sesungguhnya dan kerja sama yang aktif dari umum, adalah sangat penting untuk kesejahteraan rakyat.

Pemerintah mempunyai tanggung jawab terhadap kesejahteraan sosial dan rakyatnya yang hanya dapat dilaksanakan dengan mengadakan usaha sosial dan ekonomi yang cukup.

Semoga pernyataan sejagad tentang kesejahteraan sosial ini dapat menyentuh hati nurani dari pemimpin-pemimpin negara, pemimpin-pemimpin bangsa dan yang dipimpinnya, pemimpin-pemimpin organisasi politik dan pendukungnya, pemimpin-pemimpin umat dan umatnya untuk bersama-sama berusaha mewujudkan kesejahteraan sosial. Semoga.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.