Toshiba Canvio Connect, Harddisk Eksternal Dibekali Aplikasi Pendamping Lengkap
Toshiba Canvio Connect, Harddisk Eksternal Dibekali Aplikasi Pendamping Lengkap

Toshiba Canvio Connect, Harddisk Eksternal Dibekali Aplikasi Pendamping Lengkap

Toshiba Canvio Connect, Harddisk Eksternal Dibekali Aplikasi Pendamping Lengkap
MediaPangandaran.com - Hardisk eksternal memiliki keunggulan dalam hal kapasitasnya yang besar, memungkinkan Anda untuk melakukan backup file yang otomatis ukurannya juga besar. Namun peran aplikasi pendamping juga tidak dapat diabaikan karena dapat mengoptimalkan fungsi dari hardisk eksternal itu sendiri.

Salah satu contohnya adalah Toshiba Canvio Connect. Drive ini dibekali dengan aplikasi pendamping dengan berbagai fitur seperti backup untuk Windows, driver NTFS yang memungkinkan Mac untuk menulis dan membaca file ke sistem Windows, dan Pogoplug PC, aplikasi yang mengubah PC menjadi sebuah server cloud storage personal. Toshiba Canvio Connect tersedia dalam 2 pilihan kapasitas, yakni 1 TB dan 2 TB. Untuk yang diulas ini memiliki kapasitas 1 TB.

Desain &  Instalasi
Ukuran drive ini termasuk ringkas, kira-kira ukurannya sama seperti WD My Passport Edge, lengkap dengan casing plastik berwarna merah glossy di bagian atas dan hitam di bagian bawah bodinya. Bobotnya juga termasuk ringan yakni sekitar 150 gram. Bodinya juga termasuk kokoh jika dipegang.

Di salah satu sisinya terdapat port microUSB 3.0 yang kompatibel dengan kabel standar USB 3.0 yang tersedia di dalam paket penjualan. Anda dapat menggunakan drive ini tanpa tambahan daya karena dari port USB saja sudah cukup. Namun pada percobaan, terdapat beberapa port USB 2.0 yang tidak dapat menawarkan daya yang cukup, khususnya yang terdapat di bagian depan casing PC.

Padahal sebagian besar hardisk eksternal lain yang pernah dicoba tak memiliki masalah pada port tersebut. Canvio Connect sudah diformat dengan sistem NTFS, sehingga Anda dapat langsung menggunakannya pada PC atau laptop dengan Windows. Pada Mac, Anda harus menginstal aplikasi Tuxera NTFS for Mac (tersedia di dalam drive) sehingga dapat menulis file ke drive. Setelah itu Anda dapat juga menggunakan drive untuk melakukan fungsi backup Mac melalui Time Machine. Sedangkan untuk Windows, dapat menggunakan aplikasi NTI Backup Now EZ untuk melakukan backup.

Aplikasi Pendamping
Kata "Connect" di namanya mewakili kemampuannya untuk terhubung kemana saja dengan fleksibel. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengubah PC atau laptop yang terhubung dengan drive menjadi sebuah server cloud personal melalui aplikasi Pogoplug PC (selama desktop terhubung ke internet tentunya.

Dengannya Anda dapat mengakses data yang tersimpan di dalam Canvio Connect itu sendiri atau pada hardisk internal PC. Data tersebut dapat diakses melalui aplikasi mobile yang dapat diinstal pada gadget Android atau iOS.

'Selain berfungsi sebagai "jembatan" antara PC dan gadget Anda untuk mengakses file dimana saja, Pogoplug menawarkan media penyimpanan online. Dan dengan Canvio Connect, Anda mendapat kapasitas penyimpanan sebesar 10 GB secara gratis. Syaratnya hanya membuat akun baru.

Performa
Ketika menggunakan port USB 3.0, drive ini menawarkan kecepatan transfer Write dan Read sebesar 97 Mbps, termasuk rata-rata untuk HDD eksternal di kelasnya. Sedangkan pada port USB 2.0, kecepatan transfer Write adalah 27 Mbps dan 33 Mbps untuk Read. Kecepatan tersebut merupakan rata-rata karena keterbatasan dari port USB 2.0.

Harga Toshiba Canvio Connect 1TB dibanderol pada kisaran angka Rp 785.000-an.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.