Selamat datang di mediapangandaran.com
Tips Agar Susunan Gigi Indah Alami
Tips Agar Susunan Gigi Indah Alami

Tips Agar Susunan Gigi Indah Alami

Tips Agar Susunan Gigi Indah Alami
MediaPangandaran.com - Susunan gigi yang tidak rapi kerap membuat orang tidak percaya diri. Gigi disebut tidak rapi susunannya bila letak gigi tidak pada tempatnya, seperti terlalu maju atau mundur. Tak hanya masalah penampilan yang tak sedap dipandang, susunan gigi yang tidak rapi membuat pemiliknya sulit untuk membersihkan gigi. Sehingga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap akibat sisa-sisa makanan yang menumpuk yang sulit terjangkau atau dibersihkan, yang lama-kelamaan menimpulkan karang gigi (plak), gigi berlubang (caries), dan gusi berdarah.

Kerusakan gigi disebabkan faktor genetik dan perilaku. Misalnya waktu kecil suka menghisap jari, makan bubur terlalu lama, memainkan lidah, dan terlalu lama mengedot. Letak susunan gigi menjadi tidak beraturan karena pada masa kanak-kanak akar gigi masih mudah berubah.

Kini, susunan gigi yang tidak rapi bisa diatasi dengan penggunaan kawat gigi alias bracket. Saat awal menggunakan bracket, biasanya seseorang akan mengalami sariawan, rasa nyeri, rasa tak nyaman karena ada benda asing di dalam mulut. Tapi biasanya hanya satu hingga tiga hari penggunaan, setelah itu akan merasa nyaman.

Penggunaan kawat gigi memang relatif mahal. Harganya tergantung dari jenis dan bahannya, apalagi jika kawatnya menggunakan perangkat teknologi canggih. Mengenai komponen kawat gigi bermacam-macam, antara lain bracket yang menempel pada gigi dan pengikat kawat.

Sementara bahan pembentuknya terdiri dari porselen (keramik), komposit, plastik, dan metal. Meski berbeda-beda, fungsinya sama sebagai pegas pendorong atau penarik gigi untuk merapikan gigi. Lalu bagainaba cara agar susunan gigi indah?

Tips Agar Susunan Gigi Indah
Perawatan gigi harus dimulai sejak bayi dengan pemberian gizi yang cukup. Susunan gigi bisa diturunkan dari orang tua, tetapi bisa dicegah. Caranya antara lain:

Melakukan perawatan sejak dini. Setelah anak minum susu, sebaiknya gigi langsung dibersihkan dengan menggunakan kapas. Hal ini pertu dilakukan untuk menghindari gigi berlubang. Pasalnya, gigi berlubang bisa mengganggu pertumbuhan gigi tetap.

Orang tua sebaiknya memperhatikan gigi susu yang tanggal, dan gigi tetap yang akan tumbuh. Bila gigi telah berlubang, sebaiknya orang tua memperhatikan gigi yang mana yang akan tumbuh. Bila mengunjungi dokter gigi, biasanya ada catatannya. Bila gigi tetap akan keluar. Bila gigi tetap akan tumbuh, biasanya gigi susu harus segera dicabut. Karena jika gigi susu tidak tanggal, biasanya gigi tetap akan tumbuh di belakangnya, sehingga susunan gigi menjadi tidak bagus.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.