Selamat datang di mediapangandaran.com
Solusi Atasi Google Chrome Yang Semakin Lemot
Solusi Atasi Google Chrome Yang Semakin Lemot

Solusi Atasi Google Chrome Yang Semakin Lemot

Solusi Atasi Google Chrome Yang Semakin Lemot
MediaPangandaran.com - Semakin lama dipakai, Anda menyadari bahwa performa Google Chrome semakin lambat. Tak hanya itu saja, Chrome juga sering mengalami crash. Banyak hal yang memicunya, mulai dari extension yang tak berguna hingga plugins yang bermasalah.

Lalu bagaimana cara atasi Google Chrome yang semakin lemot?

Terdapat beberapa cara mudah untuk atasi Google Chrome yang semakin lemot tanpa harus Anda kehilangan data pribadi pada Google Chrome itu sendiri, diantaranya:

Menonaktifkan Plugins
Saat Anda pertama kali menginstal Google Chrome dalam sistem, banyak berbagai plugins yang sebenarnya tidak berguna turut dibawa. Memang benar bahwa plugins dapat membantu browser untuk mengakses konten spesial seperti Java, Silverlight, Flash dan sebagainya. Namun pada prakteknya, sebagian besar plugin tersebut tak dibutuhkan dalam aktivitas berselancar sehari-hari.

Singkatnya, plugins justru dapat memperlambat performa Chrome. Solusi yang tepat adalah menonaktifkan plugins yang digunakan.
  1. Pertama ketikkan "about plugins" (tanpa tanda petik) pada adress bar, lalu tekan Enter. Anda pun dapat melihat daftar plugins yang telah terinstal. Lihat dan nonaktifkan saja yang menurut Anda tidak diperlukan. Sebagai catatan, tidak direkomendasikan untuk menonaktifkan Flash mengingat banyak website yang menggunakannya untuk menampilkan menu, video dan sebagaimya.
  2. Plugins tidak dapat diuninstal atau dihapus, hanya dapat dinonaktifkan. Pengecualiannya adalah sebuah plugins yang dibawa oleh extension. Jika extension tersebut diuninstal, maka plugins akan turut teruninstal.
  3. Klik Disable untuk menonaktifkan plugins. Maka warnanya akan berubah menjadi abu-abu. Suatu saat jika Anda memerlukannya kembali, cukup aktifkan dengan meng-klik link Enable.

Menonaktifkan Extension
Extension merupakan sebuah aplikasi kecil yang dapat meningkatkan fungsionalitas dan fitur pada Chrome. Bermanfaat ketika tepat, namun saat sudah dipenuhi dengan berbagai extension yang tak berguna, maka Chrome akan rentan crash. Sama seperti plugins, extension dapat dinonaktifkan dan diaktifkan kembali saat diperlukan. Alternatifnya, hapus saja jika sudah benar-benar tidak diperlukan.

Untuk melakukannya, ketikkan "Chrome//extension" pada adress bar, lalu tekan Enter. Untuk menonaktifkan extension, hilangkan centang pada opsi Enable. Anda dapat menghapusnya juga dengan meng-klik ikon tong sampah.

Membersihkan Data Browsing
Chrome akan menyimpan data Anda selama berselancar pada histori, berikut URL, file cache, download file, cookies dan lainnya. Dengan semakin banyaknya data yang tertumpuk, maka hal tersebut dapat membuat performa Chrome menurun.

Terdapat berbagai macam cara untuk membersihkan histori. Anda dapat menghapus semuanya atau sebagian saja. Namun Anda tak perlu menghapus data browsing cukup sering karena nantinya Chrome justru akan mendownload data webiste yang sama lagi (yang pernah Anda kunjungi).

Untuk menghapus histori berselancar, tekan shortcut Ctrl+H. Lalu berikan centang di samping daftar website yang ingin Anda hapus. Scroll ke bawah, lalu klik tombol Remove untuk menghapusnya. Namun ada alternatifnya dimana histori berselancar akan langsung dihapus saat Anda menutup Chrome. Yakni menggunakan bantuan extension bernama Clean & Clean yang dapat Anda download di Chrome Web Store. Selamat berselancar dan semoga setelah ini browsingnya semakin lancar. (Ms/MP).
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.