Selamat datang di mediapangandaran.com
Selain Dijadikan Minuman Es Cincau, Daun Cincau Bisa Mengatasi Radang Lambung
Selain Dijadikan Minuman Es Cincau, Daun Cincau Bisa Mengatasi Radang Lambung

Selain Dijadikan Minuman Es Cincau, Daun Cincau Bisa Mengatasi Radang Lambung

Daun cincau bermanfaat untuk mengatasi penyakit lambung atau radang lambung.

Selain Dijadikan Minuman Es Cincau, Daun Cincau Bisa Mengatasi Radang Lambung
MediaPangandaran.com - Kerap mengkonsumsi makanan asam dan pedas menyebabkan seseorang bisa terserang penyakit radang lambung. Penyakit ini tidak dapat dipandang sebelah mata lantaran dapat menjadikan aktivitas kita terganggu. Daun cincau, disamping dibuat minuman Es Cincau nyatanya juga bisa menyembuhkan penyakit radang lambung lho.

Sungguh tersiksa bila mengalami sakit radang lambung. Perut terasa perih dan melilit. Aktivitas pun akan terganggu. Umumnya bila terserang radang lambung diatasi dengan pemberian obat-obatan. Tetapi sebetulnya ada cara alami yang dapat dijadikan obat menangani penyakit radang lambung, yaitu dengan memanfaatkan daun cincau.

Daun yang dalam bahasa latin diesbut Cylea barbata ini kaya akan kandungan kimia seperti dimetil tenradine, tentradine, kardioplegikum, alkaloid siklein, flavonoida, saponin, polifenol, lemak, karbohidrat, candiopelgicum dan cycleine. Disamping itu, daun cincau pun memiliki kandungan nutrisi seperti serat makanan, vitamin A, B1, dan C, zat besi, fosfor, kalsium, karbohidrat, lemak, protein dan energi.

Daun cincau mengandung 1.708,8 mg klorofil/per kilogram sehingga merupakan yang paling tinggi diantara daun hijau yang lainnya seperti daun pegagan dan daun katuk. Dengan kandungan klorofil yang dianggap lumayan tinggi, maka daun cincau amat berguna sebagai antioksidan alami.

Dalam tubuh, klorofil bisa dengan mudahnya masuk ke aliran darah lantaran klorofil mempunyai susunan molekul seperti hemoglobin. Klorofil juga bisa menghasilkan elektron-elektron bebas untuk mencegah radikal bebas.

Kandungan alkaloid dalam daun cincau mempunyai efek antiradang. Sifatnya yang dingin bisa meredakan panasnya radang atau luka. Dengan demikian daun cincau bisa mengurangi luka yang ada pada lambung saat seseorang menderita penyakit radang lambung. Daun cincau mudah sekali ditemukan lantaran daun ini bisa ditanam di halaman rumah.

Daun cincau bisa diracik menjadi beberapa cara untuk mengobati radang lambung. Berikut ini cara meramu daun cincau untuk meredakan radang lambung.
  • Blenderlah 3 lembar daun cincau bersama satu gelas air hangat. Lalu disaring bagian ampasnya dan selanjutnya diminum airnya.
  • Sebanyak tiga lembar daun cincau ditambah dengan satu gelas air hangat, kemudian diremas-remas plus diperas dan airnya diminum.
  • Daun cincau juga bisa direbus. Caranya,  rebuslah tiga lembar daun cincau bersama 1,5 gelas air. Panaskanlah bersama api kecil kurang lebih 15 menit, lalu airnya diminum.
  • Dijadikan minuman cincau tanpa es batu dan santan.
Untuk mengatasi penyakit radang lambung, daun cincau ini bisa dikonsumsi 3x sehari selama seminggu. Namun mesti dibarengi dengan pola makan yang tidak asal-asalan. Pasalnya penyakit radang lambung ini berhubungan erat dengan pola makan yang buruk  seperti konsumsi makanan yang terlalu asam, mengkonsumsi makanan yang terlampau pedas atau sering telat makan.

Disamping mengatasi radang lambung, daun cincau bisa mengatasi penyakit yang lainnya seperti sembelit, menurunkan tekanan darah tinggi dan obat penurun panas. Walau dari bahan alami, daun cincau pun mempunyai efek samping bila pemakaiannya berlebihan, seperti tubuh menggigil jika suhu tubuh sedang terasa dingin, gejala pusing untuk pengidap darah rendah, dan diare.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.