Ragam Manfaat Toge untuk Kesehatan
Ragam Manfaat Toge untuk Kesehatan

Ragam Manfaat Toge untuk Kesehatan

Inilah beberapa Manfaat Toge yang baik untuk Kesehatan. (Ms/MP)

Ragam Manfaat Toge untuk Kesehatan
MediaPangandaran.com - Penggunaan toge saat ini kita ketahui cukup banyak dijumpai pada pembuatan aneka jajanan, seperti pastel, risoles, tahu isi, bakwan, dan lumpia. Dapat dibayangkan, betapa kecewanya kalau kita makan lumpia tanpa toge di dalamnya. Toge juga digunakan sebagai komponen dari gado-gado dan nasi pecel. Meskipun kecil bentuknya, toge besar sekali khasiatnya dan manfaatnya bagi tubuh. Apa saja ragam manfaat toge untuk kesehatan?

Toge berasal dari biji kacang hijau dan kedelai yang dikecambahkan. Sepanjang terjadi perkecambahan, bahan pangan cadangan dirubah jadi bentuk yang bisa dipakai, baik untuk manusia ataupun tumbuhan. Pada manusia, bahan pangan berwarna putih ini dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah maupun sudah dimasak.

Kandungan dan Manfaat Toge untuk Kesehatan

Toge kaya dengan senyawa antikanker seperti genistein dan lainnya. Kerja genistein lebih efektif ketika benih kanker sudah mulai bersemi lantaran pada waktu itulah genistein akan aktif giat mengganggu pasokan makanan untuk sel-sel kanker sehingga sel-sel tersebut mati akhirnya. Sementara pada toge yang terbuat dari kacang hijau juga tak kalah sedikit manfaatnya.

Toge biasanya dibuat dari kacang hijau. Kacang hijau sendiri merupakan jenis kacang yang asam aminonya bagus, kadar proteinnya bagus. Kulitnya mempunyai serat yang cukup tinggi. Toge memiliki kandungan nilai gizi yang tinggi, gampang diperoleh, dan murah meriah. Makanan yang tercipta dengan proses perkecambahan kacang-kacangan ini nyatanya dapat mencegah bermacam-macam penyakit dan menambah kesuburan. Disamping itu, toge pun terbukti dapat juga dimanfaatkan untuk kecantikan.

Toge kerap diidentikkan dengan kesuburan. Mitos mengatakan bagi mereka yang ingin memiliki anak, perbanyaklah mengonsumsi toge. Namun, belakangan toge yang digunakan untuk kesuburan tidak hanya dianggap sebagai mitos saja. Kepercayaan tersebut timbul kemungkinan terkait dengan kenyataan bahwa toge adalah sumber vitamin E (alfa-tokoferol) yang cukup potensial. Hingga saat ini toge dipercaya sebagai bahan pangan untuk meningkatkan kesuburan (antimandul).

Dengan mengonsumsi toge, ada kemungkinan vitamin E-nya akan melindungi sel-sel telur dan sperma dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas. Mengonsumsi toge bagi kaum lelaki juga diyakini mampu membuat sperma yang dihasilkan jadi makin baik. Begitu juga wanita, yang dapat membantu menghasilkan kesuburan telur.

Di samping itu, toge sangat baik untuk kesehatan. Karena kaya akan air dan serat, toge menunjang pembersihan kotoran di dalam usus besar. Hal ini jadi kekuatan besar toge di dalam melawan kanker. Dengan mendesak kotoran secepatnya keluar dari usus besar, tidak ada lagi zat-zat beracun di dalam kotoran yang bisa diserap oleh tubuh. Ini menghindari tertimbunnya zat racun yang bisa memicu tumbuhnya benih kanker.

Kandungan paling tinggi di kacang hijau itu biasanya kalium, bagus untuk kesehatan jantung. Kalium itu mineral, potasium, mineralnya untuk kesehatan jantung. Kalau kekurangan kalium biasanya kita akan lemas dan tak bergairah.

Estrogen alami yang terdapat dalam toge berfungsi sama dengan estrogen sintetis. Estrogen dalam toge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan dan susunan tulang, serta mencegah rapuh tulang (osteoporosis). Rutin mengkonsumsi toge menolong wanita terlepas dari gangguan akibat menopause, premenopause, keluhan semburat panas (hot flashes), gangguan menjelang menstruasi (PMS), dan kanker payudara. (Ms/MP).
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.