Ragam Makanan yang Membangkitkan Semangat
Ragam Makanan yang Membangkitkan Semangat

Ragam Makanan yang Membangkitkan Semangat

Inilah Makanan yang dapat membangkitkan semangat. ilustrasi (Net)

Ragam Makanan yang Membangkitkan Semangat
MediaPangandaran.com - Riset menunjukkan, makanan tertentu dapat mengubah zat kimia otak untuk meredakan stres, depresi, bahkan perasaan yang berubah-ubah yang berhubungan dengan sindrom pramenstruasi. Banyak orang yang menyadari, makanan dapat mempengaruhi perasaan mereka, tapi kebanyakan dari kita mencoba menahan diri makan makanan yang kita sukai, cokelat misalnya, karena menganggap makanan itu tidak baik untuk kita. Akibatnya, perasaan murung atau tidak menyenangkan berlangsung lebih lama.

Berikut, beberapa makanan yang menurut para ahli bisa mengusir perasaan murung atau bahkan mencegahnya.

Mencegah Rasa Murung: Makan Keju, Yogurt, Atau Minum Susu
Kalsium mungkin merupakan pengatur perasaan yang paling penting bagi perempuan yang sedang mens. Riset menunjukkan, perempuan yang mengalami perasaan murung seperti sindrom pramenstruasi mungkin tidak memetabolisasi kalsium secara efisien.

Kabar baiknya adalah, studi-studi menunjukkan, diet harian yang mengandung 1.300 mg kalsium atau sama dengan 3 porsi keju, atau yogurt, atau susu, mengurangi rasa murung yang berkaitan dengan sindrom pramenstruasi sampai lebih dari 40%.

Omelet
Telur antara lain mengandung vitamin B. Studi-studi terbaru menunjukkan, sebanyak 79% orang yang menderita depresi kekurangan vitamin ini. Tidak suka telur? Sumber vitamin B yang baik yang lainnya antara lain ayam, kalkun, pisang, sayuran daun hijau, avokad dan kacang-kacangan yang dikeringkan.

Makan ikan paling sediklt 1 ons seminggu
Studi-studi menemukan, orang-orang yang makan ikan paling sedikit 1 ons seminggu, perasaan murung turun sampai 70%. Buktinya, orang Jepang yang paling banyak makan ikan termasuk bangsa yang paling tidak depresi di dunia. Ingredien rahasia di dalam ikan yang menimbulkan perasaan riang adalah asam lemak omega-3. Sejumlah studi menunjukkan, asam lemak omega-3 membantu menyeimbangkan zat-zat kimia otak yang menimbulkan perasaan bahagia: dopamine dan serotonin.

Padi-padian utuh
Makin banyak studi yang membuktikan, serealia gandum benar-benar juara sarapan pagi dalam hal mencegah kelesuan. Padi-padian utuh kaya tryptophan, suatu asam amino yang secara cepat diubah menjadi serotonin, yang membantu mencegah perasaan murung.

Kacang-kacangan
Terutama kacang almond dan Brazil nut.  Keduanya kaya selenium yang berkhasiat hebat pada
perasaan. Dalam studi-studi USDA, orang-orang yang diet selenium tinggi mempunyai pikiran yang lebih jernih, lebih percaya diri, dan lebih bahagia dibanding orang-orang yang diet selenium rendah. Anda hanya perlu segenggam kacang-kacangan sehari untuk mendapatkan khasiat ini.

Untuk Menghilangkan Rasa Murung, Makan:

Junk food
Makan dalam jumlah secukupnya saja. Diet yang terlalu rendah lemak dapat membuat Anda mudah marah. Sebuah studi yang dilakukan di Inggris baru-baru ini menemukan, orang-orang yang makan sedikit lemak cenderung lebih pemarah, lebih mudah tersinggung, dan depresi dibanding mereka yang makan banyak lemak. Para ahli menduga, lemak merangsang produksi serotonin, hormon yang disebut hormon perasaan senang di dalam otak kita. Jadi, boleh makan donat, es krim saat merasa murung untuk meningkatkan kadar kebahagiaan Anda.

Cokelat
Cokelat meningkatkan kadar phenylethylamfne, suatu antidepressant alamiah yang sangat kuat di dalam otak kita. Riset menunjukkan makan cokelat dapat membantu mengusir rasa murung sampai lebih dari 60% hanya dalam waktu 15 menit.

Makanan Untuk Membangkitkan Hasrat Asmara. Makanan juga bisa membangkitkan hasrat asmara dalam perkawinan Anda. Antara lain:

Cokelat
Para ahli mengatakan, cokelat menyebabkan perubahan dalam otak seperti rasa sangat gembira yang dialami ketika jatuh cinta.

Madu
Kaya vitamin-vitamin B, nutrien yang membantu meningkatkan dorongan asmara.

Asparagus
Sayuran ini mengandung steroid yang menurut para ahli dapat meniru pheromones, hormon yang membuat Anda merasa lebih tertarik kepada kekasih Anda.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.