Selamat datang di mediapangandaran.com
Pentingnya Krim Pagi dan Krim Malam untuk Perawatan Kulit
Pentingnya Krim Pagi dan Krim Malam untuk Perawatan Kulit

Pentingnya Krim Pagi dan Krim Malam untuk Perawatan Kulit

Penggunaan krim pagi dan krim malamperlu dilakukan untuk merawat kecantikan kulit. ilustrasi (Net)

Pentingnya Krim Pagi dan Krim Malam untuk Perawatan Kulit
MediaPangandaran.com - Pemakaian krim pagi dan krim malam menjadi perawatan kulit yang perlu dilakukan rutin. Beberapa garis kerutan wajah terjadi karena akumulasi korneosit (sel kulit) yang tidak dapat dihidrasi dengan adekuat. Dengan demikian beberapa kosmetik mengandung bahan eksfolian atau pengelupasan ringan seperti niasiamid serta asam dengan kadar rendah seperti asam laktat.

Beberapa kosmesetikal yang mengandung retinoid seperti retinol, retinyl propional, retinyl palmitat, tretinoin, adapalene mempunyai kemampuan meregenerasi kolagen. Berbagai bahan untuk peremajaan adalah botanical antioxidant seperti green tea, soy, pycnogenol dan lain-lain, serta vitamin antioksidan seperti vitamin C, E dan A, serta growth factor dan peptide. Berbagai bahan tersebut dikemas dan digunakan sebagai krim pagi maupun krim malam.

Namun, bahan yang mengandung retinoid biasanya bersifat fotosensitif sehingga disarankan dipakai sebagai krim malam, karena penggunaannya tidak boleh terkena sinar matahari. Sementara kosmesetikal yang mengurangi efek pigmentasi kulit menua adalah vitamin dan bahan pemutih botanical dan hidrokinon. Kojic acid, glabridin dan azelaic acid mempunyai efek tyrosinase inhibitor yang paling diharapkan. Dengan tyrosinase inhibitor ini maka hormon untuk pembentukan pigmen melanin ini dihambat dengan penggunaan krim-krim tersebut sehingga kulit menjadi lebih cerah.

Hasil terbaik dikombinasikan dengan bahan yang meningkatkan penyerapannya ke kulit seperti asam glikolat dan vitamin pemutih seperti niasinamid atau retinol. Terapi optimal dengan pemberian hidrokinon dan retinoid, yang biasanya digunakan sebagai krim malam.

Saat ini pemberian obat-obatan seperti hidrokinon sudah lebih terbatas dan dihindari. Umumnya banyak dipilih yang mengandung arbutin atau kojic acid. Namun, untuk kondisi vlek yang berat biasanya hidrokinon yang masih menjadi pilihan utama.

Terkadang meski sudah melakukan perawatan kulit namun justru kulit menjadi jelek. Hal tersebut bisa didapat jika melakukan perawatan kulit yang berlebihan. Misalnya terlalu sering mencuci wajah atau terlalu sering melakukan pengelupasan seperti home peeling. Untuk kulit cerah dan kencang, selain juga melakukan perawatan kulit harian dan treatment modern, sebaiknya juga melindungi kulit dengan memakai payung, kacamata dan topi. Untuk kulit cerah dan kencang memang sebaiknya menghindari ekspos dari sinar matahari.

Perawatan dari dalam dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang nutrisinya seimbang antara karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Dianjurkan juga mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi, misalnya buah-buahan seperti pepaya, jeruk, anggur. blueberry, bengkuang dan jambu biji, serta sayur-sayuran seperti brokoli, kol, wortel dan bayam. Juga perbanyak minum air putih 8 gelas sehari atau 2-3 liter sehari agar kulit menjadi lembab dan terlihat cerah.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.