Selamat datang di mediapangandaran.com
Pantai Batu Hiu, Pantai Penuh Legenda Nan Mempesona
Pantai Batu Hiu, Pantai Penuh Legenda Nan Mempesona

Pantai Batu Hiu, Pantai Penuh Legenda Nan Mempesona

Inilah Pantai Batu Hiu, Pantai Penuh Legenda dan penuh Pesona. Foto : (IZ/MP)

Pantai Batu Hiu, Pantai Penuh Legenda Nan Mempesona
MediaPangandaran.com - Pantai Batu Hiu merupakan salah satu alternatif menarik lainnya selaku objek wisata di Pangandaran selain Pantai Karang Nini, Pantai Batu Karas, dan Pantai Pananjung. Tempat wisata ini berada di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, sekitar 14 km dari Kota Pangandaran ke sebelah selatan. Pantai ini mempunyai panorama yang indah dengan ombak yang saling susul-menyusul. Di pantai ini pun ada pusat penangkaran penyu laut yang bebas dikunjungi oleh umum.

Pantai Batu Hiu tidak cocok untuk berenang karena ombaknya ganas dan karang-karang di sekitarnya tajam. Tetapi dengan melihat pesona alamnya melalui kamera di berbagai spot unik dan menarik dengan suasna santai tentunya sudah lebih dari cukup. Pantai Batu Hiu memang memiliki panorama alam yang begitu indah sehingga pantai ini dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat.

Pintu masuk utama ke Pantai Batu Hiu ialah sebuah gua yang memiliki bentuk seperti kepala Hiu besar. Saat Anda ada di dalam gua ini seakan-akan Anda tengah ada di dalam sebuah rahang hiu dengan gigi-giginya yang tajam.

Dari atas bukit Anda bisa melihat dan mendengarkan gemuruh gelombang besar bergulung-gulung ke bawah kemudian menerjang batu pantai. Objek Wisata di Pangandaran ini dihiasi dengan pohon-pohon Pandan Wong (tanaman sebangsa palem) yang indah. Di Batu Hiu nampak pesonanya ketika matahari mulai tenggelam menjelang senja datang dan berpendarnya matahari merupakan daya tarik tersendiri.

Untuk mencapai ke lokasi wisata ini terdapat beberapa cara yang bisa Anda tempuh. Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi dari Pangandaran, maka Anda akan menempuh jarak sekitar 14 km atau 30 menit ke sebelah barat menuju Cijulang (green canyon). Letak pantai ini mudah diketemukan sebab cukup banyak tanda yang mengarah menuju ke sana. Bila Anda menaiki kendaraan umum, silakan naik angkutan kota yang menuju ke arah Parigi dan lalu dilanjutkan dengan menggunakan ojek lokal hingga lokasi wisata.

Setelah puas menyaksikan panorama Batu Hiu, janganlah segera pulang namun sempatkanlah untuk mengunjungi Konservasi Penyu Laut yang letaknya dekat pantai. Anda cukup berjalan kaki selama 10 menit saja telah membawa Anda di lokasi Kelompok Pelestari Biota Laut (KPBL) Batu Hiu. KPBL Batu Hiu didirikan atas gagasan Bapak Didin yang prihatin terhadap kian maraknya perburuan dan pengambilan penyu untuk dikonsumsi ataupun perdagangan.

Di sini Anda dapat melihat penyu dari dekat dengan tanpa dipungut biaya apa-apa cuma ada sebuah kotak kayu bila Anda berniat menyumbang dengan sukarela untuk menunjang aktivitas KPBL Batu Hiu dalam melindungi satwa langka di Indonesia. Sementara itu harga tiket masuk ke Pantai Batu Hiu sangat bervariasi dari mulai Rp 6000 (pejalan kaki/orang) - Rp 310.000 (bus besar).

Berikut informasi tiket masuk ke Pantai Batuhiu terbaru yang di keluarkan oleh dinas terkait (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran). Tiket yang di bayar tersebut sudah termasuk iuran kebersihan, keamanan, dan juga asuransi.
  • Pejalan kaki Rp 6.000/orang
  • Sepeda motor Rp 14.000
  • Jeep (sedan) Rp 37.500
  • Mini Bus Kecil Rp 65.000
  • Mini Bus Besar Rp 92.500
  • Bus Kecil Rp 126.000
  • Bus sedang Rp 188.000
  • Bus Besar Rp 310.000
Anda tertarik berkunjung ke Pantai Batu Hiu? Silahkan datang saja langsung ke sana, atau bisa dengan mempercayakan perjalanan wisata anda pada provider wisata. Kini di Pangandaran tersedia beberapa provider yang menyajikan atau melayani booking atau pemesanan paket wisata semua destinasi yang ada di Pangandaran. Jadi silahkan anda tentukan sendiri, datang sendiri atau memesan paket wisata pada provider wisata tersebut.
Advertisement

Baca juga:


Admin
I'm a Blogger. Hidup adalah perjuangan, dan perjuangan dalam hidup itu sendiri adalah ibadah. Lakukan apapun atas dasar ibadah, Insya Alloh berkah. Aamiin.