Selamat datang di mediapangandaran.com
Kutil Kelamin, Atasi dan Cegah Dengan Cara Ini
Kutil Kelamin, Atasi dan Cegah Dengan Cara Ini

Kutil Kelamin, Atasi dan Cegah Dengan Cara Ini

MediaPangandaran.com - Kutil adalah tumor jinak kulit berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan, bentuknya besar dan kecil. Kutil yang besar berbentuk seperti bunga kol. Kutil tidak berbahaya, namun tidak enak dilihat. Ketika disentuh kutil tidak sakit, tetapi kalau dicabut baru sakit. Kutil bisa tumbuh di wajah, tangan dan kaki.

Kutil pada alat kelamin merupakan penyakit seksual menular yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Penularan virus ini terjadi melalui kontak langsung kulit dengan kulit, ketika terlibat aktivitas seksual dengan orang yang telah terjangkit virus ini. Faktor risiko seseorang tertular virus HPV adalah melakukan hubungan seksual tanpa pelindung dengan orang yang memiliki riwayat kehidupan seksual tidak jelas, serta melalui sex toys yang telah terpapar virus sebelumnya.

Kebanyakan kutil kelamin memiliki ukuran kecil sekali sehingga sulit kelihatan secara kasat mata. Umumnya mereka yang menderita gangguan ini akan mengalami gatal-gatal dai bagian sekitar area genitalnya. Disamping tumbuh sendiri-sendiri, kutil-kutil kelamin pun bisa tumbuh secara berhimpitan atau membangun kelompok yang lebih banyak. Pada wanita, kutil kelamin bisa tumbuh di area lubang anus, kulit diantara lubang miss V, vulva, leher rahim, dan dinding miss V.

Kutil kelamin tidak berpengaruh terhadap kesuburan seseorang. Kutil kelamin adalah keadaan yang lumayan gampang diketahui dengan mata telanjang oleh dokter. Tetapi bila kutil itu tumbuh pada area yang sukar dijangkau mata, seperti bagian dalam anus, uretra atau miss V, dokter barangkali akan memerlukan beberapa alat khusus seperti proktoskop dan spekulum.

Penyembuhan kutil kelamin terdiri dari 2 jenis, yakni terapi topikal dan teknik ablasi. Penyembuhan topikal dikerjakan dengan mengoleskan obat berupa krim, salep, atau cairan yang memiliki kandungan zat khusus pada kutil. Umumnya penyembuhan topikal dilakukan pada kutil yang termasuk ringan. Sementara teknik ablasi baru akan dilakukan bila obat-obatan topikal sudah tidak mampu mengatasi kutil. Berbagai contoh teknik ablasi yaitu bedah laser, cryotherapy, bedah listrik, dan eksisi.

Kutil kelamin adalah sebuah keadaan yang bisa kambuh lagi pada beberapa orang. Jarak waktu kambuhnya dapat beberapa minggu, bulan, atau malahan beberapa tahun. Pencegahan kutil kelamin dengan menerima vaksin HPV dan menggunakan kondom ketika berhubungan intim.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.