Selamat datang di mediapangandaran.com
Jadi Diri Sendiri, Be Your Self, Caranya Gimana Dong?
Jadi Diri Sendiri, Be Your Self, Caranya Gimana Dong?

Jadi Diri Sendiri, Be Your Self, Caranya Gimana Dong?

Menjadi diri sendiri itu adalah proses, bukan tujuan! Lalu bagaimana cara menjadi diri sendiri? Inilah cara untuk menjadi diri sendiri. (Ms/MP). ilustrasi (Net)

Jadi Diri Sendiri, Be Your Self, Caranya Gimana Dong?
MediaPangandaran.com - Jadi diri sendiri, begitu ungkapan yang sering kita dengar dari orang lain. "Be your self!" Begitu kata yang keluar dari mulut mereka. Lalu kamu pun menjawab nyinyir, "Be yor self, be your self, caranya gimana dong?" Yap, orang lain memang lebih sering kali menuntut tapi pada saat yang sama mereka tidak mau memberi solusinya. Maka wajar kalau ungkapan itu cuma menguap begitu saja.

Nah, berikut ada sedikit tips yang bisa kamu coba untuk bisa menjadi seperti yang dituntut banyak orang itu, yakni cara jadi diri sendiri. Oya, asal kamu tau bahwa menjadi diri sendiri itu adalah sebuah proses, bukan tujuan. Jadi semua itu akan berlangsung terus menerus, mirip sebuah perjalanan panjang yang tidak akan pernah berhenti. Selama masih ada hembusan nafas, selama itu pula proses itu terjadi. Walaupun sederhana, tapi percaya deh, dengan tips ini kamu bisa jadi diri sendiri. Dijamin, garansi resmi pula. Mau coba? Mangga dicobian!

Kenali diri
Mengenali diri sendiri adalah langkah awal untuk mengetahui siapa sih kita sebenarnya. Tentu saja pengenalan itu bukan hanya sebatas identitas saja. Kalau idehtitas sih cukup lewat KTP atau tanda pengenal lainnya. Bukan juga dari segi fisik, itu sangat relatif. Tapi yang dimaskud disini adalah mengenali diri secara utuh dan menyeluruh, luar dan dalam, fisik dan mental. So, siapa kita sebenarnya? Apa yang kita inginkan, apa yang kita miliki dan apa yang kita sukai? Mana yang baik dan mana yang buruk untuk diri kita sendiri, apa sih prinsip yang kita miliki, falsafah hidup yang kita anut dan keyakinan yang kita punya? Hanya kita yang tau jawabnya.

Nikmati keunikan diri
Bicara diri berarti nggak lepas dari urusan kodrat. Maksudnya memang sudah dari sononya kamu tuh dilahirkan seperti itu. Tentu saja yang dimaksud disini adalah segi fisik. Misalnya kamu memiliki postur tubuh yang ideal atau sebaliknya. Kamu punya mata yang sipit, ya nggak usah protes. Atau kulit kamu termasuk kategori hitam, jangan khawatir, bukankah sekarang ini banyak body lotion yang bisa menyulap kulit hitam menjadi putih hanya dalam hitungan minggu (ih, korban iklan banget ya). Intinya, bagaimanapun keadaan kamu, nikmatilah. nggak usah protes toh, nggak ada yang bisa ngerubah kan? Oya, satu hal lagi, jangan cuma dinikmati tapi juga disyukuri, sebab itu karunia Tuhan, bukan?

Kita punya potensi
Kita semua terlahir dalam keadaan telanjang, tanpa benang sehelaipun. Tapi itu bukan berarti kita diciptakan polos atau kosong sama sekali. Percayalah Tuhan ttu maha adil, memberi potensi kepada semua makhluk yang diciptakan. Termasuk kamu. Hanya saja bagaiamana kamu mengelola potensi yang ada, itu soal lain. So, kita semua punya potensi yang bisa dikembangkan dan pasti banyak banget manfaatnya, ya setidaknya buat diri sendiri.

Kita punya kekurangan
Namanya juga makhluk lemah yang tak sempurna, manusia, siapapun dia pasti punya kekurangan dalam dirinya. Karena itu nggak usah mimpi menjadi orang yang serba tau atau serba bisa misalnya. Nggak usah ngonyo kalau memang kamu nggak mampu. Manusia hebat tanpa cacat itu hanya ada di dalam komik. Tapi jangan lantas kekurangan dijadikan alasan untuk membenarkan kesalahan. Yang harus dilakukan itu adalah bagaimana menyiasati kekurangan tersebut, itu saja.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.