Inilah 5 Widget untuk Lock Screen
Inilah 5 Widget untuk Lock Screen

Inilah 5 Widget untuk Lock Screen

Lock Screen adalah fitur menarik yang ada pada perangkat Android dan fungsional. ilustrasi (Net)

Inilah 5 Widget untuk Lock Screen
MediaPangandaran.com - Salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh Android adalah widget yang dapat ditambahkan ke home screen. Tetapi tahukah Anda jika widget dapat ditambahkan pada lock screen juga?

Sekadar inforrnasi, mulai Android Jelly Bean 4.2 ke atas memungkinkan Anda untuk memasang widget pada lock screen sehingga dapat berinteraksi langsung tanpa harus membuka kunci. Karena menonaktifkan lock screen bukanlah pilihan yang arif juga, maka widget seperti ini dapat menjadi solusi. Konsep inilah yang dibawa oleh beberapa widget di bawah ini.

DashClock Widget
Widget ini ditujukan untuk menggantikan default lock screen dari mulai Android 4.2, dan DashClock dapat melakukannya dengan baik. Tampilan jamnya pun terlihat lebih baik ketimbang default. Dan karena lock screen merupakan bagian yang sering dilihat pada perangkat Android, maka widget ini benar-benar dapat membuat perbedaan. Salah satu fasilitas menarik dari DashClock adalah extension. Dengan menginstalnya, Anda bisa mendapatkan detail lebih banyak lagi pada widget. Secara default, DashClock berisi informasi detail mengenai jadwal janji pada kalendar, alarm, missed call, SMS dan Gmail. Dengan menginstal extension (dapat didownload di Play Store), maka lockscreen Anda akan memiliki informasi yang lebih kaya.

Simple Dialer Widget
Bagi Anda yang ingin langsung melakukan panggilan telepon tanpa harus membuka kunci lockscreen, maka widget ini sangatlah tepat. Fungsinya sederhana, yaitu menampilkan fungsi telepon dengan adanya keypad dan daftar kontak pada lockscreen seperti yang Anda temui pada menu dialer. Dialer ini sendiri datang dengan 3 tab, yaitu keypad, histori panggilan dan daftar kontak. Semua yang Anda perlukan tersedia di sini untuk melakukan panggilan telepon. Tetapi hati-hati karena semua orang dapat menggunakan perangkat Anda untuk menelepon tanpa harus membuka kunci terlebih dahulu.

Simple RSS Widget
Ingin tetap mengetahui berbagai berita teraktual langsung dari lockscreen? Maka widget ini dapat menjadi andalan. Karena saat ini Google Reader sudah tidak ada, maka harus mencari alternatif lainnya. Widget ini dapat menampilkan daftar dari RSS feed secara real time. Untuk kontennya dapat Anda pilih sendiri melalui menu pengaturan. Jika Anda memiliki jumlah subcription yang banyak, jangan cemas karena widget memungkinkan Anda untuk melakukan fungsi import subscription. Ukuran widget ini juga dapat diatur berikut juga mengubah tampilan dan menampilkan beberapa feed,

Weather: Local Forecast, Radar
Tampilannya terlihat sederhana dan modern, sehingga sangat cocok bila diternpatkan di lockscreen untuk menampilkan informasi cuaca. Tidak hanya widget, karena ini juga merupakan aplikasi yang memiliki fasilitas update cuaca secara real time, notifikasi, widget homescreen dan bahkan dapat teintegrasi dengan DashClock. Tentunya pastikan koneksi internet Anda aktif sehingga proses update informasi cuaca dapat berjalan. Jangan lupa juga menginputkan lokasi daerah tempat Anda berada.

Power Lock DashClock + Widget
Merupakan extension dari Dash-Clock Widget, oleh karena itu Anda harus menginstalnya terlebih dahulu. Anda dapat memilih toggle apa saja yang ditampilkan pada lockscreen, misalnya WiFi, 3G, 4G, Bluetooth dan sebagainya. Tersedia opsi untuk mengunci layar secara otomatis setelah toggle yang dipilih aktif. Selain itu informasi seperti sisa kapasitas baterai dan status koneksi data dapat ditampilkan juga.

Sebagai tambahan, terdapat 3 tambahan widget untuk homescreen yang ukurannya dapat diubah (resizable widget) dengan pengaturan agar background menjadi transparan sehingga ikon terlihat jelas. Ukuran widget yang tersedia adalah 4 x 1, 3 x 1, dan 1 x 1. Kemudian jika Anda mengalami kesusahan saat menguninstal aplikasi, cukup akses opsi "Remove Administrator Permissions"' lalu uninstal kembali.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.