Goa Lanang, Goa Legenda dengan Berjuta Pesona
Goa Lanang, Goa Legenda dengan Berjuta Pesona

Goa Lanang, Goa Legenda dengan Berjuta Pesona

Inilah informasi destinasi wisata Goa Lanang River Tubing & Body Rafting. Lokasi: Cikawung, Selasari, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat

Goa Lanang, Goa Legenda dengan Berjuta Pesona
MediaPangandaran.com - Goa Lanang adalah objek wisata berupa gua alam dan aliran sungai yang jernih nan alami, yang berada di Dusun Cikawung, Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia.

Goa tersebut ada pada ketinggian 200-500 meter di atas permukaan laut. Menurut zonafikasi wilayah Jawa Barat, kawasan objek wisata Goa Lanang tergolong ke dalam zona Pegunungan Selatan (Sourthen Mountains).

Zona Pegunungan Selatan membentang di Priangan bagian selatan sejak dari Teluk Pelabuhan Ratu hingga Nusakambangan yang lebarnya sekitar 50 km, namun Nusakambangan cuma beberapa kilometer saja. Keseluruhannya adalah sayap selatan dari antiklin Jawa yang miring ke arah Samudera Hindia. Nama Goa Lanang asalnya dari bahasa Jawa yang berarti Goa Laki-laki.

Penamaan goa itu dengan label "Lanang" sangat beralasan lantaran sejak ratusan tahun yang silam di dalam kawasan ini terdapat stalagmit berwujud kelamin laki-laki di salah satu goa-nya yakni di Goa Lanang. Goa Lanang merupakan objek wisata di Pangandaran yang terdiri dari hamparan pesawahan, hutan lindung, dan sekumpulan goa-goa indah yang sumber airnya (sungai) saat ini dipergunakan untuk kegiatan body rafting, river tubing, keperluan irigasi lahan pertanian dan sumber air bersih untuk penduduk sekitarnya.

Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi wisata disuguhi dengan panorama alam yang menarik seperti pesawahan, gugusan perbukitan, hutan lebat dan hamparan batu-batu karst. Selain itu terdapat pula sungai bawah tanah sepanjang kurang lebih 366 meter.

Goa Lanang bisa ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Pangandaran menuju ke arah Cintaratu. Di objek wisata ini telah dibangun dan tersedia beberapa sarana dan fasilitas antara lain area parkir kendaraan roda dua dan roda empat, jalan setapak hutan, camping ground, body protector, helm, genset, ban karet, headlamp, pelampung, MCK, kamar ganti/tempat bilas, dll.

Selama di Goa Lanang Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti sight seeing, tracking, camping, caving, body rafting, river tubing, outbond, pendidikan dan latihan. Di hutan lindung sekitar gua dapat ditemui aneka jenis tumbuhan langka yang usianya sudah ratusan tahun yang menjadi habitat beberapa jenis binatang langka seperti kera, ayam hutan, trenggiling, pukang, tando, dan landak.

Salah satu diantara keunikan tempat wisata Goa Lanang adalah Anda dapat melakukan jumping dari ketinggian 10 meter. Sepanjang perjalanan body rafting Anda akan melewati Goa Petir yang dihuni oleh ribuan kelelawar di atas langit-langit goanya. Setelah puas berwisata di Goa Lanang dapat dilanjutkan ke Goa Keraton yang letaknya memang tidak terlalu jauh dari situ. Dalam satu kawasan tersebut memang terdapat 6 goa cantik menawan.

Kemudian, Estimasi biaya untuk aktivitas Body Rafting dan River Tubing di Goa Lanang yaitu antara : Rp 150.000 - 200.000/orang. Harga tersebut terbilang ringan jika di bandingkan dengan apa yang akan di dapatkan saat berkunjung dan menikmati aktivitas Body Rafting dan River Tubing di Goa Lanang sepanjang 1,5 km dengan durasi 2-3 jam. Dan biasanya tarif yang di bayarkan tersebut sudah komplit beserta sajian nasi liwet kampung khas Goa Lanang.
Advertisement

Baca juga:

Admin
I'm a Blogger. Hidup adalah perjuangan, dan perjuangan dalam hidup itu sendiri adalah ibadah. Lakukan apapun atas dasar ibadah, Insya Alloh berkah. Aamiin.