Selamat datang di mediapangandaran.com
Desa Wisata Marga Cinta Cijulang Pangandaran
Desa Wisata Marga Cinta Cijulang Pangandaran

Desa Wisata Marga Cinta Cijulang Pangandaran

Inilah Informasi Destinasi Desa Wisata Marga Cinta, Cijulang, Pangandaran, dengan berbagai aktivitas wisata menarik. (Dinas Pariwisata Pangandaran)

Desa Wisata Marga Cinta Cijulang Pangandaran
MediaPangandaran.com - Desa Wisata Marga Cinta berada di daerah perbukitan, tepatnya di Dusun Margajaya, Desa Marga Cinta, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, yang berjarak sekitar 7 km dari Kota Pangandaran merupakan tempat wisata yang cukup populer di kalangan para wisatawan. Dusun Margajaya bersebelahan dengan Desa Cimindi, Desa Cibanten, dan Desa Kertayasa. Desa Marga Cinta memiliki banyak wisata air yang tidak kalah tenarnya dengan wisata air yang lainnya di kabupaten Pangandaran.

Desa Wisata Marga Cinta adalah daerah yang mempelopori lahirnya seni Badud. Seni Badud yang dilahirkan pada tahun 1868 diciptakan oleh dua tokoh petani yang mempunyai nama Ki Ijot dan Ki Ardasim. Pada awal kelahirannya, kesenian badud adalah jenis seni pertunjukan yang biasanya disajikan oleh masyarakat desa setempat setiap mendekati panen tiba yang bertujuan untuk membasmi hama yang mengganggu tanaman. Kesenian Badud menjadi ciri khas dari keunikan kesenian yang cuma dimiliki oleh Desa Marga Cinta.

Konsep Desa Wisata Marga Cinta memang memiliki tujuan untuk mengenalkan nilai-nilai kesenian, edukasi, dan budaya. Alhasil dapat dibilang konsep wisata di sini memadukan wisata alam dan wisata edukasi. Seni buhun angklung badud merupakan kesenian asli Pangandaran dengan ciri khusus menampilkan beberapa karakter/sifat sasatoan (binatang). Kesenian itu diperkenalkan kembali sebagai pertunjukan wisata budaya di desa itu supaya tidak punah.

Salah satu objek wisata di Pangandaran ini memiliki beberapa aktivitas wisata yang bisa dilakukan pengunjung saat berada disana. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan sewaktu Anda sedang berada di Desa Wisata Marga Cinta, diantaranya :
  • Wisata mengendarai motor trail.
  • Akhir rafting disajikan Nasi Jolem
  • Eduksi hutan bakau/mangrove
  • Belajar angklung di Saung Mang Koko
  • Menyaksikan kesenian Desa Marga Cinta
  • Mempelajari kebudayaan Desa Marga Cinta
  • Berenang

Adapun pesona alam Desa Wisata Marga Cinta antara lain:
  • Wisata alam dan sungai
  • Melihat sunset/matahari terbenam
  • Wisata kuliner
  • Keindahan hamparan hutan mangrove/bakau
  • Alam asri terjaga
Track Body Rafting dan River Tubing di Marga Cinta, Cijulang, Pangandaran

Body rafting Desa Wisata Marga Cinta berada pada sebuah aliran sungai Cijulang yang menyuguhkan arum jeram dan pemandangan alam yang masih asri. Aliran sungai Cijulang yang merupakan aliran terusan Sungai Ciwayang mengarah ke Green Canyon, memiliki relief tebing dan air terjun yang sangat indah.

Body Rafting dan River Tubing adalah salah satu aktivitas yang bisa dilakukan disana. Untuk kedua aktivitas tersebut pengelola telah mempersiapkan fasilitas standar keselamatan lengkap untuk pengunjung seperti; life jaket atau pelampung, helm, ban dalam mobil, dll.

Sepanjang pengarungan Body rafting dan River Tubing pengunjung akan di suguhi berbagai keunikan alam, sebuah pertunjukan alami maha karya Tuhan yang sangat di sayangkan jika tidak kita syukuri, diantaranya seperti; keunikan tekstur bebatuan yang hijau dan asri, serta spot atau tempat untuk loncat atau jump di beberapa titik, pemandangan alam, dan Air terjun.

Pengarungan aktivitas Body Rafting dan River Tubing memiliki panjang track sekitar 3 km, untuk track 3 km tersebut memakan waktu pengarungan sekitar 2-3 Jam (tergantung situasi dan kondisi). Estimasi biaya Body Rafting dan River Tubing : Rp. 150.000 - 250.000/orang. Biaya yang di bayarkan tersebut biasanya sudah termasuk; Makan Siang Nasi Liwet Tradisional, Pemandu Lokal, Savety Facility, P3K, Asuransi, Dokumentasi Foto dan Video, dan lain-lain.
Advertisement

Baca juga:


Admin
I'm a Blogger. Hidup adalah perjuangan, dan perjuangan dalam hidup itu sendiri adalah ibadah. Lakukan apapun atas dasar ibadah, Insya Alloh berkah. Aamiin.