Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif
Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif
MediaPangandaran.com - Mereka yang kulitnya sensitif cenderung kulitnya kering. Kulit kering dibedakan menjadi mereka yang dasarnya kulitnya memang kering, serta kulit kering karena kulitnya tidak bisa memproduksi kelembaban alami kulit (NMF/natural moisturizing factor) sebagaimana mestinya.

Biasanya mereka yang tidak bisa memproduksi NMF kulitnya sensitif. Pasalnya, kelembabannya kurang, serta pada kulitnya tidak ada skin barrier atau perisai sehingga kulitnya sangat kering.

Ciri-ciri kulit yang sensitif adalah kulitnya mudah iritasi, mudah infeksi dan mudah eksim. Jika kulitnya sangat sensitif maka bisa dikategorikan menjadi dermatitis atopik atau ekzema atopik. Kulit yang demikian tidak bisa membuat skin barrier yang cukup, atau pelembab alaminya sudah dibuat oleh kulit tetapi tidak cukup jumlahnya atau bentuknya tidak bagus.

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif

Sebaiknya menggunakan pembersih wajah yang lembut agar kulit tidak kering dan tidak mudah iritasi. Dalam perawatan mencuci wajah, lebih baik pemilik kulit sensitif menggunakan sabun wajah yang memiliki kandungan pelembab tertentu untuk kulit yang sensitif. Saat membilas tidak boleh memakai air hangat lantaran dikhawatirkan akan menimbulkan iritasi.

Setelah itu, gunakanlah tabir surya (sunscreen) dan pelembab sebagai perawatan dasar setiap hari. Pilihlah produk-produk perawatan yang sesuai bagi jenis kulit yang sensitif dan tidak memiliki kandungan berbagai bahan kimia. Kulit sensitif mudah bereaksi terhadap beberapa bahan kimia. Selain itu, untuk kulit sensitif sebaiknya memakai pelembab yang lembut. Seringkali jika kulit sensitif memakai pelembab yang mengandung oil, kadang juga menjadi bermasalah. Jadi, bisa menggunakan pelembab untuk kulit kering yang mengandung ceramide.

Sunblock SPF 30 untuk kegiatan sehari-hari atau sunblock untuk SPF 50 untuk liburan sebaiknya juga bisa digunakan. Kulit sensitif bisa dibedakan menjadi sensitif kering dan sensitif oily. Jadi sunblock untuk kulit sensitif sebaiknya pilih yang bukan kimia. Pilih sunblock yang mekanik atau kandungannya bahan alami, seperti titanium oxyde agar kulit tidak iritasi.

Karena kulit wajah sensitif seringkali memiliki sensitivitas yang tinggi, sehingga kulit lebih cepat memerah, maka pilihan masker yang tepat untuk jenis kulit ini adalah dengan menggunakan masker yang mangandung aloe vera, chamomile dan mentimun. Beberapa bahan itu bisa meredakan peradangan dan kemerahan pada kulit.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.