Selamat datang di mediapangandaran.com
Cara Merawat Kulit Wajah Kering dengan Tepat
Cara Merawat Kulit Wajah Kering dengan Tepat

Cara Merawat Kulit Wajah Kering dengan Tepat

Inilah Cara Merawat Kulit Wajah Kering dengan Tepat. ilustrasi (Net)

Cara Merawat Kulit Wajah Kering dengan Tepat
MediaPangandaran.com - Kulit kering adalah jenis kulit yang mudah bersisik dan mengelupas serta terlihat tidak mulus dan merah di berbagai tempat. Pemilik jenis kulit kering jarang berjerawat karena produksi minyak di kulit sangat sedikit. Kalaupun berjerawat biasanya 1 -2 kali dalam setahun. Lalu bagaimana cara merawat kulit wajah kering?

Ciri lainnya adalah memiliki garis senyum yang terlihat di seluruh permukaan wajah. Kulit juga terasa ketat pada wajah. Kulit wajah normal bisa berubah menjadi kering jika kurang minum air, musim panas, udara dingin atau hal-hal yang berkaitan dengan faktor cuaca.

Mereka yang kulitnya kering tidak dianjurkan menggunakan sabun wajah karena akan membuat kulit wajah akan semakin kering. Pelembab konsentrat tinggi juga dapat menyebabkan reaksi alergik dan memberikan pengaruh berbeda pada kulit. Berikut beberapa cara merawat kulit wajah kering dengan tepat.

Kulit wajah kering relatif kelihatan kusam, tidak bercahaya, dan memiliki sisik. Maka dari itu, saat mencuci wajah ada baiknya pilih sabun yang cocok dengan jenis kulit kering yaitu sabun yang mengandung pelembab. Kemudian, waktu mencuci wajah lebih baik dibilas dengan air hangat. Setelah itu gunakanlah toner wajah, tetapi jauhi penggunaan kosmetik atau make up yang mengandung alkohol. Karena alkohol bisa membuat kulit jadi kering.

Selanjutnya gunakanlah pelembab wajah yang bisa di berbahan dasar minyak dan digunakan lebih sering 3-4 kali sehari. Pemakaian pelembab perlu khususnya untuk yang bekerja atau sering melakukan kegiatan di dalam ruangan yang ber-AC dan saat seseorang ingin bepergian ke tempat/daerah dengan kelembaban yang rendah. Gunakanlah juga sunscreen atau tabir surya jika akan jalan-jalan ke tempat-tempat yang terpapar sinar matahari tinggi.

Untuk jenis kulit kering maka sebaiknya menggunakan perawatan kulit yang lembut untuk melembabkan kulit. Mencuci muka tetap dilakukan tiga kali sehari, kecuali jika ada aktivitas di luar. Perawatan mencuci wajah untuk kulit yang kering sebaiknya menggunakan produk yang ekstra lembut. Untuk kulit kering tidak dianjurkan menggunakan pakai sabun yang abrasif atau keras.

Sementara pelembab yang baik digunakan untuk kulit kering adalah pelembab yang berbentuk lotion atau krim. Pelembab yang demikian membuat kulit lebih lembab. Pilih pelembab yang mengandung ceramide atau hyaluronic acid. Pilih pelembab yang tidak wangi sehingga tidak membuat iritasi.

Begitu pula sunblock sebaiknya pilih yang berbentuk krim agar kulit tidak kering dan tetap lembab. Sementara untuk krim malam disesuaikan dengan kondisi kulitnya karena krim malam umumnya merupakan racikan dan sangat individual. Sedangkan masker untuk jenis kulit kering lebih baik menggunakan masker yang mengandung formula dengan kemampuan untuk menjaga kelembaban air pada kulit, seperti halnya masker yang memiliki kandungan vitamin E dan minyak zaitun. Misalnya saja masker alpukat yang bisa membantu memelihara kelembaban kulit.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.