Cara Mengubah Chanel Router WiFi
Cara Mengubah Chanel Router WiFi

Cara Mengubah Chanel Router WiFi

Cara Mengubah Chanel Router WiFi
MediaPangandaran.com - Bila Anda mempunyai sebuah akses WiFi dan mengetahui bahwa sinyal tersebut kadang surut kadang bagus, kemungkinan hal ini disebabkan kurang kuatnya sinyal yang bisa ditangkap, akibatnya koneksi sering sekali terputus. Mungkin juga Anda bertanya, apa penyebab kurang kuatnya sinyal WiFi tersebut. Lantas, bagaimana cara mengubah chanel router WiFi dengan yang memiliki jaringan lebih baik (stabil)?

Memang banyak penyebab dari kurang kuatnya sinyal WiFi tersebut sehingga jaringan nirkabel Anda berjalan pada kecepatan yang tidak maksimum. Salah satu caranya dengan mengubah chanel router WiFi-nya dengan yang tepat untuk memastikan Anda bisa streaming dengan sempurna tanpa skipping. Namun jika jaringan nirkabel Anda bekerja dengan baik, sebaiknya jangan mengubah chanel karena bisa jadi koneksi semakin tidak maksimal.

Keluaran Chanel WiFi
Langkah pertama adalah memantau keluaran chanel tersebut. Ini membutuhkan sebuah aplikasi bemama InSSDer. Jadi pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan instalasi tool inSSIDer yang bisa di download secara gratis di www.metageek.net/products/inssider. Utility ini mampu memindai jaringan nirkabel Anda dan mungkin juga mendeteksi beberapa nama jaringan yang lain.

Sekarang mari kita lebih dekat untuk melihat pada jendela inSSIDer. Anda harus memilih chanel band yang tepat, tergantung pada router yang digunakan, Misalnya menggunakan sebuah router Linksys dual-band wireless-N, yang memiliki dua jaringan terpisah.

Jika Anda tidak yakin, tujulah pada 2,4 GHz yang pertama, dan kemudian klik tombol "Start Scanning". Jika Anda memiliki lebih dari satu kartu jaringan aktifkan, pastikan drop-down | kartu nirkabel terpilih.

Idealnya Anda telah memilih satu pilihan yang benar dan setelah menunggu selama satu atau dua menit, Anda akan melihat jaringan Anda dalam daftar. Misalnya, jaringan pengujian disebut Ihdevnet, dan itu sedang berjalan di saluran 6. Jika Anda melihat dekat pada screen shot sebelumnya, Anda bisa melihat bahwa disitu terdapat banyak jaringan yang menggunakan saluran nirkabel yang sama.

Mengubah Chanel
Jika Anda menggunakan router Linksys, Anda akan perlu menelusuri ke alamat router Anda, yang mungkin diatur ke http://192.168.1.1 tetapi bisa ditugaskan ke alamat lain. Anda dapat menjalankan perintah ipconfig cepat pada perintah prompt untuk memeriksa.

Dalam kasus ini terdapat alamat berbeda (karena dirubah), tetapi apa yang dicari adalah Default Gateway untuk koneksi nirkabel, dan kemudian tujulah ke http://<Default Gateway> di browser Anda. Masukkan password yang Anda mudah diingat, dan di Wireless > Basic Wireless Settings tab.

Router di sini memiliki dua band yang terpisah, tetapi mungkin router yang Anda gunakan hanya memiliki single band. Dalam kasus ini, apa yang dilakukan adalah mengatur band 2,4 GHz hanya bisa digunakan untuk Wireless-G, dan satu 5GHz untuk Wireless-N saja. Karena kita tidak memiliki masalah dengan pengaturan Wireless-N.

Bila saja Anda mengalami masalah, Anda bisa menset perangkat Wireless-G perangkat dan memilih saluran 9, karena itu satu-satunya saluran yang biasanya tidak digunakan. Sebagian besar menggunakan saluran 1 dan 6 , meskipun beberapa menggunakan 11 juga.

Saluran 1, 6, dan 11 adalah saluran yang paling umum, dan kebanyakan router akan menggunakan salah satunya sebagai default saluran. Anda bisa mengkonfigurasikan router pada 20 MHz hanya pada band 2.4 GHz Wireless-G. Jika Anda menggunakan router yang berbeda, alamat IP secara umum akan sama, tetapi Anda harus mencari cara untuk mengubah chanel router WiFi (nirkabel).
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.