Cara Membuat Saus Telur Asin yang Yummy
Cara Membuat Saus Telur Asin yang Yummy

Cara Membuat Saus Telur Asin yang Yummy

Cara Membuat Saus Telur Asin yang Yummy
MediaPangandaran.com - Menyantap sajian dengan telur asin selalu berhasil menggoyang lidah. Tekstur telur yang diasinkan ini khas, yakni berpasir. Tak heran untuk sajian masakan cina dikenal dengan julukan golden sand alias pasir emas. Telur asin juga menimbulkan cita rasa gurih dan melebur lekat dengan komponen sajian lainnya.

Setelah green tea, sambal matah, atau serbamangga, kini ranah kuliner diramaikan dengan olahan salted egg alias telur asin. Demamnya mulai muncul dan menjadi tren karena banyak peminatnya. Tak hanya penjual masakan cina yang menggunakan telur asin dalam menunya. Penjual mi instan rebus hingga ayam goreng pun mencampurkan saus telur asin pada menunya.

Telur asin adalah telur unggas yang diasinkan yang dibawa oleh budaya orang Tionghoa. Tujuannya mengurangi aroma amis seperti pada telur itik atau bebek. Akan tetapi, dalam perkembangannya, pembuatan telur asin juga bisa menggunakan telur ayam. Selain mengurangi bau amis, metode itu efektif mengawetkan telur hingga satu bulan lamanya.

Dibandingkan dengan telur ayam, telur bebek lebih unggul dijadikan telur asin. Selain berukuran lebih besar, juga lebih tahan. Ciri khas telur asin dari telur bebek adalah kuning telur (yolk) yang berwarna oranye cerah.

Penggunaan telur bebek untuk dijadikan telur asin bukan tanpa alasan. Telur bebek memiliki kulit yang cenderung tebal sehingga tidak mudah retak selama proses pengasinan. Telur bebek memberi lebih banyak minyak pada bagian kuning telur. Itu membuat rasanya lebih gurih. Begitu pula pada kandungan lemak yang lebih tinggi membuat cita rasanya lebih kaya dan creamy.

Pori-pori telur bebek dibilang lebih besar ketimbang telur ayam. Itu berdampak pada kemudahan masuknya garam ke dalam telur bebek sehingga membuat rasa asinnya semakin terasa dan tidak memerlukan waktu begitu lama.

Memilih telur asin yang baik penting untuk mendapat hasil masakan yang lezat. Beberapa ciri-ciri telur asin yang baik adalah ketika dipecahkan bagian kuning terpisah sempurna dengan bagian putih telur. Kemudian, telur asin yang baik tidak berbau begitu amis.

Salah satu karakter mengolah telur asin adalah aromanya yang kuat. Untuk menguranginya bisa digunakan rempah-rempah yang juga beraroma kuat. Tetapi lebih banyak dipakai custard powder atau daun kari saat memasak telur asin.

Untuk membuat saus telur asin di rumah, caranya cukup mudah. Pilih telur asin yang sudah matang, pisahkan kuningnya. Panggang kuning telur selama 10 menit, lalu giling halus sambil tambahkan butter, bubuk bawang putih, garam, merica, dan susu bubuk.

Saus ini bisa dipakai untuk aneka panganan, seperti cocolan katsu dan makanan digoreng lain atau campuran masakan juga sayuran atau digabungkan dengan rebusan mi instan.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.