Selamat datang di mediapangandaran.com
Cara Alami Mengatasi Selulit Membandel
Cara Alami Mengatasi Selulit Membandel

Cara Alami Mengatasi Selulit Membandel

Mengatasi Selulit Membandel Secara Alami. ilustrasi (Net)

Cara Alami Mengatasi Selulit Membandel
MediaPangandaran.com - Selulit adalah lemak yang terjebak pada lokus-lokus yang kecil, yang menyebabkan bentuk tidak bagus seperti kulit jeruk. Selulit dikenal dengan sebutan orange peel syndrome atau sindrom kulit jeruk adalah timbunan lemak di bawah kulit yang menyebabkan permukaan kulit menjadi tidak rata, bergelombang atau pun berkerut-kerut. Lalu, bagaimana cara alami mengatasi selulit membandel agar hilang dari kulit?

Penyebab timbulnya selulit di antaranya adalah metabolisme tubuh yang kurang baik, diet yang terlalu keras dan perubahan struktur jaringan kulit. Penyebab lain timbulnya selulit adalah faktor genetik/keturunan, faktor hormonal, stres dan sistem sirkulasi limfatik atau kelenjar getah bening yang kurang baik.

Umumnya selulit muncul di bokong, paha dan perut bagian bawah. Selulit dapat ditemukan pada wanita paruh baya yang memiliki atau pernah memiliki kelebihan berat badan. Meskipun pada orang kurus pun bisa mengalami masalah selulit. Pada pria yang mendapat terapi estrogen sebagai bagian pengobatan kanker prostat juga bisa timbul selulit.

Cara Alami Mengatasi Selulit

Bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi selulit adalah kopi. Kopi ini bersifat lipolitik atau menghancurkan lemak. Kandungan dari kopi adalah kafein, air, ethyphenol, quinic acid, dicaffeoylquinic acic (zat antioksidan), dimethyl disulfide, acetylmethylcarbinol, putrescine dan trigonelline.

Untuk mengatasi selulit kopi dijadikan lulur atau scrub untuk massage. Caranya kopi dicampurkan VCO dan minyak zaitun (1 sdm/10-20 persen). Bisa juga dicampur dengan cuka apel. Lalu campuran tersebut dioleskan pada bagian kulit yang ada selulitnya. Selanjutnya dilakukan gerakan massage yang tidak keras.

Dengan bantuan massage ini maka partikel kopi dan kandungan protein di dalam kopi diserap. Massage dan kafein ini akan memudahkan selulit untuk hancur, lalu dialirkan ke limfe. Sehingga cara ini dapat membantu menghilangkan selulit. Hasil massage ini akan lebih efektif jika dibantu oleh orang lain.

Sebaiknya massage menggunakan kopi ini rutin dilakukan sebulan sekali. Setelah tiga bulan hasilnya akan terlihat. Mereka yang rutin massage umumnya selulitnya lebih kecil dibandingkan mereka yang jarang massage. Pasalnya, peredaran limfe dan aliran darah menjadi lebih lancar.

Untuk menghilangkan selulit ada alat yang disebut cellulite massage atau alat pijat selulit. Alat ini digunakan untuk membantu mengurangi selulit yang belum parah. Alat umumnya terbuat dari bahan kayu atau karet dengan tonjolan-tonjolan kecil), dengan gerakan sirkular (memutar) dalam lingkaran kecil. Gunanya adalah untuk memperbaiki sirkulasi kelenjar getah bening dan mengurangi tumpukan lemak di bawah kulit, serta meratakan permukaan kulit yang 'tenggelam' (dimpling).

Cellulite massager digunakan setiap hari sebelum mandi menggunakan olive oil. Jika digunakan pada saat mandi, gunakan sabun mandi, baru kemudian digunakan alat cellulite massager. Hasilnya akan berbeda-beda pada setiap orang. Tergantung dari tingkat berat atau ringannya selulit. Selulit yang sudah lama dan penyebab selulitnya karena gangguan hormonal maka akan lebih sulit diatasi.

Selain itu untuk mengurangi timbunan selulit sebaiknya melakukan olahraga, menghindari stres, menjaga asupan makanan dan menjaga berat badan. Selulit dapat dicegah sesuai dengan penyebabnya. Selulit yang disebabkan karena gangguan (metabolisme, gangguan sirkulasi sistem limpatik/getah bening dan diet yang tidak benar, maka dapat dicegah dengan memperbaiki gaya hidup, pola makan dan berolahraga.

Sementara selulit yang disebabkan oleh gangguan hormonal sebaiknya dikonsultasikan pada dokter, agar gangguan hormonal dapat diatasi terlebih dahulu. Selain perawatan alami, untuk mengurangi selulit bisa dilakukan tindakan dengan menggunakan mesin radio frekuensi (RF). RF dengan panjang gelombang tertentu menghancurkan lemak di bawah kulit, sekaligus memperbaiki jaringan yang rusak sehingga permukaan kulit tampak rata.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Portal berita online Pangandaran, Medianya orang Pangandaran.