Selamat datang di mediapangandaran.com
Agar Sendi Tak Cepat Aus, Coba Lakukan Ini!
Agar Sendi Tak Cepat Aus, Coba Lakukan Ini!

Agar Sendi Tak Cepat Aus, Coba Lakukan Ini!

Agar Sendi Tak Cepat Aus, Coba Lakukan Ini!
MediaPangandaran.com - Seperti halnya proses penuaan, osteoartritis yang juga merupakan bagian dari proses penuaan tidak dapat dicegah. Setiap orangtua akan mengalami osteoartritis, khususnya pada sendi lutut dengan stadium berbeda.

Agar sendi tak cepat aus sebagai bentuk pencegahan adalah menghilangkan faktor-faktor risiko terjadinya osteoartritis. Berikut ini kami paparkan beberapa cara agar sendi tak cepat aus:

Mengurangi beban terhadap lutut panggul dengan cara menurunkan berat badan jika berlebihan, mengurangi aktivitas yang mengandung unsur loncat dan lari, mengurangi mengangkat beban berlebihan, serta latihan memperkuat otot paha.

Melakukan pengobatan osteoartritis yang masih stadium ringan. Melakukan pengobatan penyakit rematik (rheumatoid arthritis) dan gout (penumpukkan kristal natrium urat) secara dini serta teratur untuk mencegah terjadinya kerusakan tulang rawan sendi.

Dapatkan pengobatan dokter ahli orthopaedi jika mengalami patah tulang agar dapat sembuh dengan baik untuk mencegah kerusakan sendi di kemudian hari. Sendi buatan (prosthesis) untuk sendi lutut terbuat dari tiga bagian. Bagian pertama berfungsi mengganti ujung bawah tulang paha dan terbuat dari bahan campuran logam cobalt dan encomium.

Bagian kedua berfungsi sebagai pengganti tulang rawan, terbuat dari bahan plastic polyethylene. Bagian ketiga terbuat dari logam titanium dan berfungsi mengganti bagian ujung atas tulang kering. Ketiga bagian ini menjadi kesatuan yang berfungsi sebagai sendi buatan untuk lutut.

Ada dua tipe sendi lutut buatan. Pada saat operasi, lapisan tulang rawan yang rusak dibuang, ujung bawah tulang paha dan ujung atas tulang kering dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat dipasangi sendi buatan yang ukurannya berbeda-beda tergantung besar kecilnya ukuran tulang seseorang.

Sendi buatan dilekatkan (dipasang) dengan ujung bawah tulang paha dan ujung atas tulang kering dengan semen khusus untuk tulang. Semen tersebut biasanya mengandung antibiotik jenis gentamisin untuk meminimalkan risiko infeksi sebagai salah satu komplikasi operasi penggantian sendi. Menurut berbagai penelitian, sendi buatan dapat bertahan selama 20 tahun pada sekitar 90% pasien.

Sendi lutut buatan (manusia) tidak akan pemah sesempurna sendi lutut asli (ciptaan Tuhan). Operasi penggantian sendi tidak bertujuan membuat pasien dapat melakukan aktivitas yang sebelumnya tidak lagi dapat dilakukan karena mengidap osteoartritis lutut, seperti berjongkok, bersujud, bersimpuh, lari, dan loncat, tapi yang utama adalah membuat pasien dapat berjalan sehingga hidupnya tetap berkualitas.

Nah, demikianlah beberapa langkah yang perlu diambil agar sendi tak cepat aus dan terhindar dari nyeri sendi. [EF/PRM]
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.