Selamat datang di mediapangandaran.com
6 Tips dan Cara Jitu Bikin Awet Muda
6 Tips dan Cara Jitu Bikin Awet Muda

6 Tips dan Cara Jitu Bikin Awet Muda

6 Tips dan Cara Jitu Bikin Awet Muda
MediaPangandaran.com - Timbulnya kerutan dan kulit kusam membuat penampilan kurang menarik dan terlihat lebih tua. Meski usia terus bertambah, namun rasanya tidak ada wanita yang ingin penampilannya terlihat tua dengan banyak kerutan dan kulitnya kusam. Semua wanita pastinya ingin selalu terlihat awet muda. Adakah tips dan cara jitu bikin awet muda di usia yang sudah tidak muda lagi?

Jangan khawatir, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kerutan dan kulit kusam, mulai dari cara yang sederhana berupa perawatan kulit harian yang sederhana hingga treatment-treatment modern. Untuk tampil awet muda tanpa kerutan dini serta kulit yang cerah, maka harus dilakukan perawatan rutin.

Berikut ini 6 tips dan cara jitu bikin awet muda yang dapat diaplikasikan sendiri di rumah dengan biaya yang tidak menguras isi kantong.

Cuci wajah dengat tepat
Mencucui wajah memang baik dilakukan untuk membersihkan kulitwajah dari kotoran dan sisa-sisa make up. Jika ingin kulit tidak kusam maka kita harus memastikan bahwa proses pelepasan sel-sel kulit mati ini berjalan normal. Caranya adalah dengan membersihkan wajah secara rutin. Sabun pembersih yang dianjurkan digunakan untuk mencuci wajah adalah yang bebas alkohol dan tidak menimbulkan iritasi. Pemilihan sabun pembersih juga harus disesuaikan dengan jenis kulit.

Pakai Moisturizer
Memakai moisturizer atau pelembab dianjurkan agar kulit tetap lembab dan cantik. Namun, memakai moisturizer tidak hanya untuk kulit yang kering saja, kulit yang berminyak tetap perlu memakai moisturizer. Apalagi jika usia semakin tua maka kandungan alami kulit dan kelembutan alami kulit semakin berkurang. Oleh sebab itu, semakin tua maka harus memakai moisturizer. Moisturizer dianjurkan di pagi hari dan sore hari setelah mandi, serta menjelang tidur agar kulit lebih lembab.

Pakai Sunblock
Untuk menghindari kerutan, maka sebaiknya hindari paparan sinar matahari dan gunakan tabir surya atau sunblock. Karena tinggal di daerah tropis maka harus selalu menggunakan tabir surya. Tabir surya harus digunakan saat matahari sedang terik dan penggunaan tabir surya memanjang. Perhatikan juga jenis tabir surya yang digunakan, apakah fisik atau kimia.

Pakai Krim Malam
Perawatan wajah di rumah menggunakan krim malam biasanya digunakan untuk peremajaan kulit. Krim atau lotion yang digunakan pada malam hari umumnya mengandung bahan yang sifatnya antiaging untuk mencegah kerutan. Umumnya mengandung retinol. Kulit yang berminyak cocoknya menggunakan lotion, sementara kulit kering cocoknya menggunakan krim.

Scrubbing
Scrubbing merupakan tindakan eksfoliasi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Biasanya ada produk home peeling yang mengandung scrub. Namun, penggunaan scrub tidak dianjurkan terlalu sering. Penggunaan scrub sebaiknya paling sering digunakan satu minggu sekali. Jika terlalu sering menggunakan produk scrub maka kulit akan iritasi. Pasalnya, butiran-butiran scrub akan menggores lapisan keratin. Jadi meski penting, tetapi jangan menggunakan scrub sebagai bagian perawatan sehari-hari. Untuk perawatan sehari-hari dianjurkan menggunakan produk yang lembut.

Pakai Masker
Memakai masker seringkali dilakukan untuk mencegah kulit kusam dan juga keriput. Efek dari masker itu superfisial tetapi memberikan efek segera. Dalam jangka panjang, penggunaan masker tidak ada pengaruhnya tetapi masker bisa memberikan efek segera yang diinginkan sesaat setelah treatment.

Efek segera yang didapat setelah menggunakan masker adalah kulit kencang dan halus, namun tidak menetap dalam jangka waktu lama. Masker memiliki fungsi finishing dalam treatment facial, yang tujuannya ingin mengencangkan, melembutkan maupun melembabkan, tergantung tipe kulit di awalnya.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.