Selamat datang di mediapangandaran.com
5 Mobil Listrik Terkencang di Dunia
5 Mobil Listrik Terkencang di Dunia

5 Mobil Listrik Terkencang di Dunia

5 Mobil Listrik Terkencang di Dunia
MediaPangandaran.com - Di masa lalu, mobil listrik identik dengan sesuatu yang lusuh, lambat, dan daya jelajahnya yang terbatas, kalah bersaing dengan rivalnya mobil berbahan bakar fosil.

Lalu, muncul satu perusahaan berskala kecil asal California yang berusaha memupus citra miring mobil listrik. Sekarang, Tesla Motors menjelma menjadi produsen utama mobil listrik meskipun dalam sejarah singkatnya hanya membuat dua model.

Akan tetapi, ada banyak orang yang tidak menyadari bahwa sedan Tesla Model S adalah salah satu mobil listrik yang memiliki performa paling lambat di dunia. Memang, Model S adalah salah satu mobil listrik yang dapat Anda beli di pasaran.

Akan tetapi, sebetulnya ada model lainnya dari pabrikan yang berbeda dengan menawarkan performa yang lebih mumpuni. Lalu, mobil listrik manakah yang termasuk terkencang di dunia? Berikut ini 5 mobil listrik terkencang yang dirangkum berdasarkan versi Cheatsheet :

1. Grimsel
Grimsel adalah mobil listrik berukuran mungil yang dikembangkan oleh para peneliti asal Swiss dan telah menjadikan mobil hasil inovasi mereka sebagai mobil listrik tercepat di dunia. Untuk mengail kecepatan dari 0-60 mph hanya butuh waktu 1,785 detik dan dengan jarak kurang dari 30 meter, mengalahkan White Zombie. Grimsel begitu mungil dengan berat total sekitar 370 kg dan dari dapur pacunya dapat memuntahkan tenaga sebesar 200hp.

2. PlasmaBoy Racing White Zombie
Mobil listrik ini tampilan luarnya memang sangat menipu. Mungkin kita tidak akan percaya bahwa mobil tersebut adalah mobil listrik terkencang kedua di dunia setelah Grimsel. Desain bodinya yang jadul tak disangka mampu dibesut hingga kecepatan 60 mph hanya dalam waktu 1,8 detik saja. Ya, memang, PlasmaBoy Racing White Zombie sejatinya adalah Datsun lansiran 1972 yang telah dimodifikasi. Untuk baterainya sendiri memang tidak sembarangan. Mobil listrik hasil karya builder John Wayland ini menggunakan prototipe yang dirancang khusus untuk helikopter angkatan laut Amerika Serikat alias US Navy.

3. Rimac Concept One
Rimac Concept One atau lebih dikenal dengan nama Concept One adalah mobil listrik sport dengan dua tempat duduk berperforma tinggi dan dirancang oleh Rimac Automobili. Mobil yang dirakit di Kota Sveta Nedelja, Kroasia, ini memiliki output daya sebesar 1,088hp dan dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,8 detik.

Per unitnya dibanderol seharga 1 juta dolar Amerika Serikat sekaligus menjadikannya sebagai supercar listrik pertama di dunia. Mobil ini pernah menyandang gelar sebagai mobil listrik dengan akselerasi terkencang di dunia pada 2013. Antara Januari 2013 hingga Oktober 2014, sebanyak delapan unit Rimac Concept One telah diproduksi dan dipasarkan. Sebagai ajang promosi, baik bagi Rimac Automobili dan Formula E, Concept One akan digunakan sebagai mobil resmi race director selama digelarnya event Formula E.

4. Wrightspeed X1
Jika diamati desainnya sangat mirip dengan Ariel Atom, dan memang benar mobil listrik kelas roadster ini menggunakan platform Ariel Atom yang dimodifikasi total dengan menggunakan mesin bertenaga listrik. Atom dipilih sebagai platform karena dinilai memiliki bobot yang ringan dan dari sisi desain lebih efisien. Motor listrik dan inverter-nya dipasok oleh AC Propulsion, produsen mobil konsep TZero.

Sementara baterainya yang memiliki bobot ringan dengan kepadatan energi yang tinggi dipasok oleh A123 Systems. Mobil ini dibangun oleh insinyur asal Selandia Baru yang bermukim di San Francisco yakni Ian Wrigh. X1 sempat membuat heboh di beberapa balapan mobil, termasuk drag race dengan mengalahkan Carrera GT. Untuk mengail kecepatan dari 0-60 mph hanya butuh waktu 2,9 detik. Sementara efisiensi bahan bakarnya setara dengan 170 mpg (mil per galon) dan Tesla hanya mampu membayangi dengan 100 mpg.

5. Spark-Renault SRT_01E
Mobil listrik hasil rancangan Frederic Vasseur ini sejatinya adalah balapan formula listrik alias Formula E yang digunakan di balapan Formula E musim 2014-2015. Butuh waktu 10 bulan untuk membangun mobil dengan sasis berbahan serat karbon dan alumunium monocoque ini Hasil kolaborasi antara Spark Racing Technologies, McLaren Electric System, Williams Advanced Engineering, Dallara, dan Renault.

Untuk mencapai kecepatan dari 0-62 mph butuh waktu tiga detik, di mana ini sangat krusial untuk balapan. Pasalnya, kecepatan mobil ketika keluar dari tikungan akan sangat menentukan untuk tampil kompetitif di balapan.

Seperti mobil Formula One, SRT pun menggunakan material komposit dan sangat mirip hingga Anda menemukan drive train dan Rechargeable Energy Storage System (RESS) yang bertugas untuk memasok energi listrik ke Power Circuit dan untuk motor traksi. Di Formula E, Anda tidak akan mendengarkan teriakan mesin. Namun, adanya Formula E menjadi tonggak penting dalam sejarah mobil listrik dunia.
Advertisement

Baca juga:


Admin
Content Writer at Media Pangandaran.