Tips : Mengobati Panu Secara Alami
Tips : Mengobati Panu Secara Alami

Tips : Mengobati Panu Secara Alami

Inilah Cara Paling Ampuh Mengobati Panu Secara Alami. foto : Ilustrasi (Net)

Tips : Mengobati Panu Secara Alami
MediaPangandaran.com - Mengobati Panu Secara Alami - Panu adalah salah satu penyakit infeksi jamur pada kulit. Panu yang memiliki nama latin tinea versicolor atau pityriasis versicolor ini yaitu adanya bercak pada kulit yang biasanya berwarna putih, pada beberapa penderita lain warna panu tersebut ada yang berwarna merah muda atau merah.

Penderita panu akan merasakan gatal di bagian yang terkena panu tersebut. Bahkan seiring waktu panu-panu yang awalnya berbentuk bercak kecil di kulit akan melebar dan menyebabkan kulit berubah warna. Adapun bagian tubuh yang pada umumnya sering terkena panu yaitu punggung, lengan atas, perut, dada, dan leher.

Walaupun bukan sebuah penyakit yang berbahaya, tapi adanya panu ini membuat si penderitanya merasa tidak nyaman karena gatal yang sering kali ia rasakan terlebih jika berkeringat. Selain mengganggu kenyamanan, panu juga mengganggu penampilan si penderitanya, terlebih jika adanya di bagian yang terlihat langsung, seperti leher, muka, tangan, atau kaki.

Kini, obat panu tersedia untuk di jual di beberapa warung, toko obat, apotek, dan yang lainnya. Namun, jika mungkin anda tidak sempat untuk pergi ke toko obat tersebut anda bisa membuat ramuan atau obat panu tradisional sendiri di rumah anda.

Bagaimana caranya, simak saja selengkapnya Mengobati Panu Secara Alami dibawah ini.

Bahan-bahan yang harus di persiapkan :
  • Belirang 1 sendok makan
  • Garam 1 sendok makan
  • Jeruk nipis secukupnya
Cara membuat obat panu : Tumbuk belirang dan garam sampai halus dan tercampur rata, kemudian tambahkan air perasan jeruk nipis. Cara pemakaiannya yaitu dengan mengoleskan ramuan tersebut ke bagian kulit yang terkena panu. Selamat mencoba. Semoga dengan cara tersebut panu yang anda derita hilang dan sembuh.

Selain cara yang tersebut diatas, masih banyak lagi cara lainnya untuk mengobati panu yang bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang mungkin tersedia di seputaran rumah anda, seperti dengan cara-cara berikut ini :
  • Minyak kelapa Murni. Oleskan minyak kelapa murni pada kulit yang terkena panu, diamkan hingga kering.
  • Minyak oregano. Oleskan minyak oregano langsung pada kulit yang terkena panu. Diamkan hingga kering dengan sendirinya.
  • Cuka Apel. Caranya adalah dengan campurkan 1 sdm cuka apel dan 1 sdm air hangat. Ambil kapas lalu oleskan pada panu. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.
  • Belimbing wuluh. 1 buah belimbing wuluh, potong jadi 4 bagian. Usap-usapkan belimbing wuluh pada bagian yang terkena infeksi jamur selama 5 menit. Biarkan mengering.
  • Jeruk Nipis. Campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis dengan 1 sdm belerang yang telah ditumbuk halus. Campurkan hingga keduanya menjadi krim. Oleskan pada panu, diamkan sampai mengering, lalu bersihkan dengan air hangat.
  • Bawang Putih. Ambil 1 siung bawang putih, potong menjadi dua bagian. Lalu gosokkan bawang putih pada panu selama 5 menit. Lakukan 2 kali sehari. Menggunakan bawang putih bisa menjadi salah satu cara menghilangkan panu pada bayi atau buah hati Anda yang masih balita.
Advertisement

Baca juga:

Admin
Content Writer at Media Pangandaran.