Selamat datang di mediapangandaran.com
Terbantahkan! Ini Sanggahan Berbagai Mitos Seputar Baterai Ponsel
Terbantahkan! Ini Sanggahan Berbagai Mitos Seputar Baterai Ponsel

Terbantahkan! Ini Sanggahan Berbagai Mitos Seputar Baterai Ponsel

Terbantahkan! Inilah Sanggahan Berbagai Mitos Seputar Baterai Ponsel.

Terbantahkan! Ini Sanggahan Berbagai Mitos Seputar Baterai Ponsel
MediaPangandaran.com - Selama ini banyak mitos baterai ponsel yang beredar di tengah masyarakat. Mereka dijejali dengan kabar tentang harus menggunakan kabel ori untuk mengisi ulang baterai, menjemur baterai jika ngedrop, hingga tidak boleh membiarkan kabel charger menempel kelamaan di ponsel. Teknologi ponsel, terutama smartphone sekarang ini, jauh lebih berkembang. Masalah seputar baterai telah teratasi.

Berikut ini beberapa sanggahan terhadap berbagai mitos baterai ponsel yang perlu diketahui. Dengan begitu Anda bisa memperlakukan baterai dengan baik agar daur hidupnya lebih lama:

1. Baterai ponsel tidak mesti diisi ulang memakai charger bawaan.
Pasalnya tidak semua baterai yang bukan bawaan itu buruk kualitasnya. Namun yang perlu diperhatikan adalah menghindari pemakaian charger non-ori yang telah diketahui kualitasnya buruk. Pastikan pula saat mengisi baterai memakai charger lain, memiliki arus masuk yang sama dengan charger bawaan. Misalnya 2.0A atau 1A.

2. Meninggalkan charger menempel pada ponsel semalaman tidak merusak baterai.
Terutama pada ponsel keluaran terbaru, seperti smartphone, umumnya telah dibekali dengan fitur pemutus arus. Dengan begitu arus listrik tidak masuk berlebihan ke dalam ponsel. Tapi ada baiknya, begitu baterai sudah penuh, segera lepas colokan kabel chargernya.

3. Tidak mengapa menggunakan ponsel sewaktu dicharge.
Ada kalanya karena keperluan tertentu, seseorang menggunakan ponselnya saat dicharge. Efeknya nanti pada pengisian baterai yang lebih lama. Pasalnya, ada keluaran tenaga baterai yang lebih tinggi jika dipakai bersamaan saat mengisinya.

4. Mengisi baterai tidak harus sampai penuh 100 persen.
Sebenarnya kinerja baterai ponsel masa kini tetap mampu maksimal meskipun belum penuh terisi sewaktu dicharge. Namun yang perlu diperhatikan yaitu setiap baterai memiliki masa pemakaian. Contohnya baterai akan menurun kualitasnya setelah 1000 kali pengisian.

5. Menjemur baterai tidak memperpanjang usia pakainya.
Kalau ada yang bilang begitu berarti telah termakan mitos. Justru menjemur baterai dari Lithium-ion di bawah terik matahari bisa merusaknya. Hal ini berlaku pula dengan mitos memperbaiki baterai ponsel melalui pembekuan di dalam freezer.

6. Mengakses internet bukan melulu pemicu baterai cepat habis.
Banyak faktor yang membuat baterai smartphone terkuras lebih cepat. Bermain intenet sembari mendengarkan musik atau nge-game sudah tentu membuat penggunaan tenaga lebih besar. Semakin sedikit aplikasi yang aktif akan membuat baterai tahan lebih lama.
Advertisement

Baca juga:


Admin
I'm a Blogger. Hidup adalah perjuangan, dan perjuangan dalam hidup itu sendiri adalah ibadah. Lakukan apapun atas dasar ibadah, Insya Alloh berkah. Aamiin.