Penyebab Motor Matic Mogok Saat di Jalan
Penyebab Motor Matic Mogok Saat di Jalan

Penyebab Motor Matic Mogok Saat di Jalan

Inilah Penyebab Motor Matic Mogok Saat di Jalan. Foto : ilustrasi by (ICA/MP)

Penyebab Motor Matic Mogok Saat di Jalan
MediaPangandaran.com - Penyebab motor matic mogok sangat beragam. Saat mengalaminya sewaktu berkendara bisa bikin hati kesal. Menemukan bagian motor yang bermasalah pada kendaraan matic bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada beberapa bagian yang perlu diperiksa satu per satu sampai ketemu elemen yang berkendala.

Berikut ini beberapa penyebab motor matic mogok :

1. Lakukan pengecekan pada EFI. Bagian ini berperan sebagai pompa bensin dalam membangkitkan tekanan bahan bakar. Posisinya di dalam tanki. Menngeceknya dengan memutar kunci kontak pada arah ON. Pompa bensin yang normal akan terdengar dengungan di tanki sewaktu ON. Kalau tidak ada suara, bisa jadi pemicu mogok dari EFI.

2. Cek kelistrikan. Jika motor matic mogok mungkin berasal dari kelistrikan. Sewaktu mesin dinyalakan, pasokan listrik di mesin diambil alih altenator dan kiprok dari aki. Kalau salah satunya bermasalah bisa mengakibatkan motor mogok. Tandanya saat motor mati diikuti dengan matinya bagian lain yang memerlukan pasokan listrik seperti lampu padam atau klakson tidak berfungsi.

3. Bensin. Ini yang kadang tidak disadari pengendara motor. Mereka mungkin lupa cek volume bensin secara langsung pada tanki. Ada kalanya petunjuk di fuel meter gauge tidak berfungsi maksimal sehingga memberikan data yang salah. Jadi saat motor matic mogok perlu juga cek isi tanki bahan bakar.

3. Cek busi dan pengapiannya. Busi yang bermasalah kerap menjadikan motor mogok. Untuk memeriksanya, gunakan obeng dan kunci busi bawaan pabrik. Posisi busi di motor matic biasanya agak tersembunyi di bawah jok dan perlu membuka casing. Periksa kondisinya. Kalau menghitam atau berkerak, bersihkan. Lalu, lakukan pengecekan apinya. Bila tidak muncul percikan api di tengahnya, maka busi perlu diganti karena telah mati.

4. Karburator bermasalah. Ini bisa dicek dengan posisi busi diangkat dari tempatnya. Lalu, lakukan selah pedal manual beberapa kali. Jika tidak muncul bau bensin dari dalam lubang busi, maka kemungkinan aliran bensin tidak keluar dari karburator.
Advertisement

Baca juga:

Admin
I'm a Blogger. Hidup adalah perjuangan, dan perjuangan dalam hidup itu sendiri adalah ibadah. Lakukan apapun atas dasar ibadah, Insya Alloh berkah. Aamiin.