Selamat datang di mediapangandaran.com
Mengenal Penyakit Trisomi 13 dan Gejalanya
Mengenal Penyakit Trisomi 13 dan Gejalanya

Mengenal Penyakit Trisomi 13 dan Gejalanya

Mari Kita Kenali Penyakit Trisomi 13 dan Gejalanya. Foto ilustrasi by Ilham CA

Mengenal Penyakit Trisomi 13 dan Gejalanya
MediaPangandaran.com - Nama trisomi 13 mungkin tidak terlalu sering terdengar di sekitar kita. Namun kelaianan dalam tubuh ini termasuk masalah kesehatan yang serius jika ada seseorang yang mengalaminya. Trisomi 13 adalah kelainan genetik yang muncul karena adanya salinan tambahan kromosom ke 13 pada beberapa atau seluruh sel tubuh. Trisomi 13 kerap pula disebut sindrom Patau.

Pada tubuh yang normal, bayi memiliki 23 kromosom turunan dari orang tuanya. Sementara jika bayi mengalami trisomi 13, pasangan kromoson ke 13 punya salinan tambahan yang membuatnya berjumlah menjadi tiga dan bukan lagi dua. Trisomi 13 akan membuat bayi mengalami keterlambatan tumbuh-kembang mulai dari kehidupan di kandungan. Dia cenderung lahir dengan bobot lebih rendah dan mengalami masalah kesehatan serius.

Jumlah pasien bayi yang mengalami trisomi 13 sangat rendah yakni satu kasus dari 16.000 kelahiran. Hanya saja bayi dengan trisomi 13 umumnya akan meninggal dengan usia di bawah satu tahun. Bayi yang dapat bertahan lebih lama diketahui jumlahnya kurang dari 10 persen.

Adanya masalah trisomi 13 yang dialami sejak dari janin memicu sebagian bayi memiliki penyakit jantung dan otak tidak menjadi dua bagian (holoprosencephaly /HPE). Gejala lainnya adalah ukuran mata lebih kecil, bibir sumbing, bertambahnya jumlah jari kaki atau tangan, tidak punya bola mata, usus ada di luar perut, kelaina pada telinga hingga mengalami tuli, kelainan perkembangan pada saluran hidung, dan kepala tidak memilili lapisan kulit.

Trisomi 13 belumada obatnya hingga sekarang. Seringkali bayi trisomi 13 akan mendapatkan penanganan terbatas pada mengatasi gejala-gejala yang dialami bayi. Contohnya yaitu menurunkan rasa sakit hingga menyingkirkan ketidaknyamanan yang dialami oleh bayi. Penanganan juga dilakukan dengan memberikan makanan yang sesuai dengan keadaannya. Kadang diperlukan pula operasi.

Jika diberikan umur panjang, bayi trisomi 13 mampu hidup dengan usia remaja. Sebagian besar bayi trisomi 13 meninggal di usia kurang dari satu tahun. Oleh sebab itu penanganan yang baik dari dokter diperlukan untuk meningkatkan harapan hidup pada bayi dengan trisomi 13.
Advertisement

Baca juga:


Admin
I'm a Blogger. Hidup adalah perjuangan, dan perjuangan dalam hidup itu sendiri adalah ibadah. Lakukan apapun atas dasar ibadah, Insya Alloh berkah. Aamiin.