Selamat datang di mediapangandaran.com
Inilah Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban Mobil Baru
Inilah Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban Mobil Baru

Inilah Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban Mobil Baru

Ganti ban mobil juga ada waktunya. Ini Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban Mobil Baru Anda. Image by Ilham Choirul Anwar

Inilah Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban Mobil Baru
MediaPangandaran.com - Ban mobil menjadi bagian yang amat vital sewaktu berkendara di jalanan. Kondisi ban yang masih baik akan mampu mencengkeram aspal dan jenis jalan lainnya dengan kuat. Mobil tidak mudah selip karena permukaan ban tidak licin. Inilah yang kemudian menjadi perhatian khusus pemilik mobil ketika akan membawa kendaraannya saat berpergian jauh.

Meski keadaan fisik ban mobil masih bagus, ternyata ada umur ekonomis yang dimiliki ban sejak dipasangkan pada bingkai pelek. Jika sudah mengaspal, ban memiliki masa pakai sekitar lima tahun sekali. Baik kondisi ban masih baik atau sudah aus kembangannya, sangat disarankan untuk mengantinya dengan ban baru.

Sangat berbahaya jika tetap mempertahankan ban lama sebagai bagian kendaraan untuk di melenggang di jalan. Akan terjadi beberapa perubahan pada fisik ban setelah melewati masa pakai yang mungkin tidak disadari oleh pemilik kendaraan. Komponen pada karet ban kondisinya tidak lagi seperti sedia kala akibat banyak faktor seperti paparan panas, air, dan sebagainya.

Jika ban sudah mengalami perubahan struktur maka fungsinya menjadi tidak maksimal. Performanya tidak bisa diandalkan lagi. Ban tesebut berubah seiring dengan isian angin hingga tertimpa beban berat mobil selama pemakaian.

Risiko yang mungkin terjadi adalah selip, karet ban mengalami keretakan, hingga aus lebih cepat. Penggantian ban mobil lama dengan ban mobil baru setelah mencapai lima tahun ini berlaku untuk kondisi kendaraan.

Baik mobil yang sering dipakai maupun jarang dipakai, ban tetap perlu diganti setelah lewat masa tersebut. Tetapi jika kembangan ban sudah mulus sebelum menginjak lima tahun, perlu segera diganti untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara.
Advertisement

Baca juga:


Admin
I'm a Blogger. Hidup adalah perjuangan, dan perjuangan dalam hidup itu sendiri adalah ibadah. Lakukan apapun atas dasar ibadah, Insya Alloh berkah. Aamiin.