Selamat datang di mediapangandaran.com
Ini Akibat Mobil Jarang Dipakai dan Dibiarkan Terlalu Lama
Ini Akibat Mobil Jarang Dipakai dan Dibiarkan Terlalu Lama

Ini Akibat Mobil Jarang Dipakai dan Dibiarkan Terlalu Lama

Inilah Akibat Mobil Jarang Dipakai dan Dibiarkan Terlalu Lama

MediaPangandaran.com - Mobil jarang dipakai sama seperti mobil reguler lainnya soal keausan. Keduanya bisa mengalami kerusakan. Jadi tidak serta-merta mobil yang “dirumahkan” bakal awet, namun ada ancaman tersendiri yang akan membuatnya rusak.

Mobil yang disimpan lama tanpa dipanaskan dan digerakkan bisa mengalami masalah pada mesin dan elemen lainnya. Jika tidak segera ditangani mungkin dapat menghasilkan kerusakan lebih serius. Berikut ini berbagai masalah yang kerap muncul saat mobil jarang dipakai :

1. Aki Mobil Soak. Ini masalah klasik yang dialami mobil menganggur. Kerusakannya berlangsung cukup pelan sehingga pemilik kadang tidak menyadari sejak awal. Tanda aki soak yaitu terasa berat sewaktu dilakukan starter pertama. Tentu saja kemudian diikuti dengan tidak menyalanya mesin. Pemicu soak ini adalah kabel aki menyambung terlalu lama pada mesin yang didiamkan. Padahal kondisi kabel saat itu masih aktif. Jika memang mobil tidak dipakai lama, ada baiknya kabel aki dilepas untuk sementara.


2. Wiper Tidak Berfungsi. Wiper akan sulit bergerak kalau lama tidak dipakai. Pasalnya, ada pengerasan pada wiper sehingga mengalami kerusakan. Jika jarang dipakai, ganjal wiper memakai busa sehingga tidak menempel pada kaca mobil secara langsung.


3. Ban Mobil Cepat Kempes. Kempesnya ban ini memicu kerusakan pelek dan elemen . Untuk mengatasinya ganjal ban memakai benda selain dongkrak agar tidak terlalu kuat menekan pada tanah. Hindari pakai dongkrak karena bisa mengkibatkan dongkrak rusak karena menahan beban cukup lama.
4. Rem. Masalah selanjutnya ada pada rem. Mobil jarang dipakai membuat rem bermasalah. Misalnya pada rem tangan, piringan dan minyak rem akan lengket. Jika mobil bakal menganggur lama, jangan gunakan rem tangan aktif.
Advertisement

Baca juga:


Admin
I'm a Blogger. Hidup adalah perjuangan, dan perjuangan dalam hidup itu sendiri adalah ibadah. Lakukan apapun atas dasar ibadah, Insya Alloh berkah. Aamiin.