Drone, Teknologi Inklusif untuk Masyarakat Pedesaan Zaman Now
Drone, Teknologi Inklusif untuk Masyarakat Pedesaan Zaman Now

Drone, Teknologi Inklusif untuk Masyarakat Pedesaan Zaman Now

Inilah Drone, Teknologi Inklusif untuk Masyarakat Pedesaan Zaman Now

Drone, Teknologi Inklusif untuk Masyarakat Pedesaan Zaman Now
MediaPangandaran.com - Pemerintah boleh-boleh saja membatasi pemakaian drone, tetapi mesti membuka mata. Banyak hal bisa terjawab dengan adanya drone. Drone merupakan solusi berkenaan dengan biaya, waktu, dan medan tempuh untuk pengamatan sebuah wilayah.

Drone atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) adalah teknologi pesawat terbang tanpa awak melewati kendali jarak jauh penerbang dengan memakai hukum aerodinamika. Dalam perkembangan selanjutnya, drone banyak dipergunakan untuk aktivitas masyarakat sipil seperti pemantauan daerah kebakaran, wilayah pertanian sampai penelitian.

Beberapa pemerintah daerah begitu tertarik menggunakan drone untuk promosi destinasi pariwisata. Bahkan sebuah institusi swasta sudah menginisiasi adanya drone pangan. Dengan memanfaatkan drone, petani dapat memantau tumbuh kembangnya tanaman. Pendeteksian dini terhadap hama dan penyakit tanaman dari udara ini juga hasilnya amat men-detil, melebihi citra satelit.

Perbedaan pencitraan lewat drone dan satelit sangatlah besar. Bila satelit dapat mencitrakan permukaan lahan pada tingkat detil sebesar 15×15 meter, sedangkan drone dapat membuat citra lahan sampai 2 cm per piksel. Bulir padi pun bisa kelihatan.

Selaku early warning system, pengamatan untuk lahan pertanian mesti dikerjakan pada bulan pertama musim/waktu tanam. Jadi, petani dapat memberikan dosis yang pas untuk pemupukan, pencegahan hama dan penyakit untuk tanaman yang memerlukan, serta mengendalikan pertumbuhan tanaman.

Dengan memanfaatkan drone diharapkan para petani tidak mengalami kesulitan lagi memonitor sawahnya dan juga bisa memberikan perlakuan yang jitu pada padi yang ditanamnya. Drone diharapkan bisa menjadi ‘mata’ bagi petani. Wilayah persawahan yang ribuan hektar luasnya pun dapat dipantau dengan teknologi ini. Di Eropa pemanfaatan drone membantu petani anggur melacak kesehatan tanaman di kebunnya. Area perkebunan anggur yang luas membuat teknologi drone menjadi amat efisien dan praktis.

Penggunaan drone seperti di Eropa ini bisa diadopsi oleh pemerintah Indonesia dan dioptimalkan untuk menaikkan produksi pertanian seiring dengan rencana Presiden Joko Widodo untuk program Drone Desa.

Dalam pertanian alami, persoalan hama dan penyakit tanaman adalah masalah yang tidak bisa dihindari. Dimana terdapat sumber makanan, maka dengan sendirinya akan terdapat rantai makanan. Dengan pemanfaatn drone diharapkan petani dapat mengurangi potensi kerugian karena terkena hama dan penyakit tanaman. Termasuk, memilih perlakuan yang paling tepat untuk tanaman itu.

Teknologi drone pangan ini paling memungkinkan dilakukan oleh petani dengan cara berkelompok. Pasalnya, hama dan penyakit tanaman tersebut menular dari satu lahan ke lahan yang lainnya, tanpa pembatas sehingga perlakukan atau tindakan yang diambil dalam sebuah lahan pun sama. Para petani mesti optimis menggunakan teknologi drone untuk areal lahan pertanian milik mereka. Dengan penggunaan drone maka biaya untuk pemeliharaan tanaman, tenaga kerjam dan pemupukan bisa ditekan sehingga keuntungan yang didapat pun semakin besar.

Nah, bercermin dari manfaat drone yang dapat memangkas biaya, waktu dan tenaga, maka pengaturan tentang drone mesti benar-benar dikaji. Drone tidaklah bertentangan dengan usaha mengadopsi teknologi untuk kepentingan masyarakat, khususnya masayarakat pedesaan yang sebagian besar pekerjaanya sebagai petani.

Teknologi drone sejatinya memang harus dikembangkan supaya masyarakat pedesaan bisa memakai teknologi pengamatan secara mandiri dan terjangkau harganya. Masyarakat pedesaan tidak ada ruginya untuk diajari pendataan vegetasi tanaman, pemetaan dann mempergunakan GPS.

Dengan memakai drone, tata guna lahan dapat dipantau dan diatur lebih detil. Nantinya, sesuai dengan amanat UU Desa, masyarakat pedesaan dapat mempunyai drone murah yang dipakai untuk beragam macam kebuthan, termasuk untuk mengamati tanaman pangan mereka sendiri.
Advertisement

Baca juga:

Admin
I'm a Blogger. Hidup adalah perjuangan, dan perjuangan dalam hidup itu sendiri adalah ibadah. Lakukan apapun atas dasar ibadah, Insya Alloh berkah. Aamiin.