Selamat datang di mediapangandaran.com
Cara Merawat Baterai Laptop agar Tahan Lama dan Tidak Drop
Cara Merawat Baterai Laptop agar Tahan Lama dan Tidak Drop

Cara Merawat Baterai Laptop agar Tahan Lama dan Tidak Drop

Inilah Cara Merawat Baterai Laptop agar Tahan Lama dan Tidak Drop

Cara Merawat Baterai Laptop agar Tahan Lama dan Tidak Drop
MediaPangandaran.com - Jika prosesor dikatakan jantungnya laptop, maka baterai laptop adalah komponen yang membuat semua bagiannya bisa bekerja normal. Cara merawat baterai laptop perlu dipahami agar tidak mudah drop. Saat baterai tidak dirawat maka usia pakainya akan berjalan singkat.

Baterai drop menyebabkan pemakaian laptop mengandalkan arus listrik langsung dari kabel charger, atau mengganti dengan baterai baru. Merawat baterai laptop sebenarnya cukup mudah. Kenali hal-hal berikut yang bisa membuat laptop terisi tenaga baterai lebih lama:

Laptop Perlu Istirahat.
Laptop memiliki karakteristik berbeda dibanding PC atau desktop. Jika PC bisa diajak ngebut seharian tanpa jeda, maka laptop perlu waktu beristirahat. Jika laptop dipakai terus menerus untuk bekerja tanpa henti seharian maka bisa mengakibatkan baterai drop dan elemen lain berisiko lebih cepat rusak. Ini berlaku pada laptop selain yang diperuntukkan untuk gaming maupun desain grafis.

Bersihkan Dalaman Laptop dari Debu.
Setelah penggunaan waktu tertentu biasanya isi di dalam laptop banyak debu. Kotoran ini membuat perangkat laptop lebih cepat panas akibat sirkulasi udara tidak lancar. Panas berlebihan atau overheat bisa memicu masalah pada komponen laptop, termasuk baterai drop.

Tempat Penggunaan Laptop.
Menggunakan laptop ada aturannya. Kalau main laptop dilakukan di atas kasur, bantal, atau alas empuk lainnya berpotensi menutupi ventilasi. Hal ini akan mengganggu sirkulasi udara dan memicu terjadinya overheat. Usahakan memakai laptop pada alas yang datar lurus dan padat.

Hindari Baterai Kosong.
Kalau laptop sudah memberikan sinyal baterai lemah, sebaiknya segera colokkan kabel charger agar baterai terisi ulang tenaganya. Baterai laptop yang kosong hingga 0% berpotensi rusak karena mematikan ion-ion di dalamnya. Kelamaan membuat usia baterai laptop lebih singkat.

Kecerahan Layar Berpengaruh.
Layar yang terlalu cerah akan memicu tenaga baterai cepat habis. Atur brightness layar sesuai kebutuhan. Meski demikian kecerahan layar hanya memengaruhi penurunan tenaga baterai saja. Jika sudah mau habis tenaganya, tinggal isi ulang baterai.
Advertisement

Baca juga:


Admin
I'm a Blogger. Hidup adalah perjuangan, dan perjuangan dalam hidup itu sendiri adalah ibadah. Lakukan apapun atas dasar ibadah, Insya Alloh berkah. Aamiin.