Selamat datang di mediapangandaran.com
Cara Mengatasi Kotoran Burung di Mobil agar Tidak Merusak Cat
Cara Mengatasi Kotoran Burung di Mobil agar Tidak Merusak Cat

Cara Mengatasi Kotoran Burung di Mobil agar Tidak Merusak Cat

Inilah Cara Mengatasi Kotoran Burung di Mobil agar Tidak Merusak Cat

MediaPangandaran.com - Menempelnya kotoran burung di mobil menjadi hal yang tidak diprediksi. Burung yang sedang terbang tidak bisa diprediksi akan buang air di area mana. Apalagi jika di angkasa sedang terbang burung-burung yang bergerombol, maka risiko mobil terkena kotorannya cukup tinggi. Masalahnya kotoran tersebut dapat merusak cat mobil.

Kotoran burung memiliki sifat asam yang tinggi. Inilah yang memicu terjadi proses pengelupasan cat. Cat tidak mampu bertahan lama dalam lingkungan yang asam. Namun menurut hasil penelitian, pengaruh buruk kotoran burung pada cat mobil bisa diatasi dengan segera membersihkannya tidak lama setelah tertempel. Sifat asam dari kotorang belum sampai membuat cat mobil rusak.

Cara membersihkan kotoran burung pada mobil juga perlu dilakukan dengan langkah yang benar. Berikut ini beberapa saran dalam mengatasinya :

1. Usahakan membersihkan kotoran burung dalam tempo secepatnya. Jangan ditunda jika sudah melihat kotoran tertempel di bodi mobil. Kesempatan pertama inilah kunci keberhasilan menghindari kerusakan cat.

2. Kalau kotoran burung baru diketahui dalam waktu yang lebih lama dan sudah kering, maka jangan sekali-kali membersihkannya memakai kain kering. Pemilik perlu menyiapkan kain basah untuk menghilangkannya. Hal ini mencegah cat mengalami goresan atau pun terangkat lapisannya.

3. Ada kalanya kotoran burung yang kering lebih susah untuk dihilangkan pakai kain basah. Jika sudah begini, maka perlu diletakkan kain basah di atasnya dan biarkan hingga 10 menitan. Kotoran nantinya melunak dengan sendirinya dan lebih mudah untuk diangkat.

4. Segera buang atau cuci kain yang dipakai untuk membersihkan kotoran burung tersebut. Jika kain masih dipakai untuk mengelap mobil di kemudian hari, maka sisa kotoran sebaiknya hilang sempurna.

5. Untuk menjaga kesehatan, sebaiknya segera cuci tangan memakai sabun seusai membersihkan kotoran burung pada mobil. Kotoran ini memiliki kandungan kapur dan bakteri yang mudah menjadi media penularan penyakit.
Advertisement

Baca juga:


Admin
I'm a Blogger. Hidup adalah perjuangan, dan perjuangan dalam hidup itu sendiri adalah ibadah. Lakukan apapun atas dasar ibadah, Insya Alloh berkah. Aamiin.