7 Penyebab Oli Bocor Pada Motor Matic yang Perlu Anda Tahu
7 Penyebab Oli Bocor Pada Motor Matic yang Perlu Anda Tahu

7 Penyebab Oli Bocor Pada Motor Matic yang Perlu Anda Tahu

Inilah Penyebab Oli Bocor Pada Motor Matic yang harus Anda Ketahui. Foto ilustrasi by (ICA/MP)

7 Penyebab Oli Bocor Pada Motor Matic yang Perlu Anda Tahu
MediaPangandaran.com - Penyebab oli bocor pada motor matic mungkin sifatnya laten. Kejadiannya bisa datang tanpa disadari. Oli yang bocor bisa merembesa ke elemen motor lainnya.

Misalnya oli dapat masuk ke ruang pembakaran yang memicu munculnya asap putih di knalpot. Masalah ini perlu segera diatasi untuk menjaga kendaraan dalam posisi prima dan tidak sampai kekurangan oli.

Pemicu oli bocor sangat beragam. Namun ada beberapa penyebab yang biasanya menjadi pencetus kebocoran. Berikut beberapa penyebab oli bocor pada motor matic:

1. Seal Oli Pecah atau Rusak.
Seal oli berguna untuk mencegah oli merembes keluar. Dengan begitu oli tidak sampai masuk ke ruang pembakaran maupun keluar dari ruang oli. Seal oli secara alami mengalami kerusakan mengikuti usia pakainya (aus). Umur ekonomisnya kurang lebih 10 tahun. Jika ditemui seal sudah rusak sebaiknya diganti. Pemasangan seal juga harus tepat sehingga mencengkeram kuat dan menutup semua bagian.

2. Volume Oli.
Jika oli yang dimasukkan ke dalam ruang oli terlalu banyak atau melebihi kapasitasnya, kemungkinan akan bocor. Untuk mengatasinya perlu diganti dengan oli baru dengan takaran yang tepat sesuai petunjuk pabrikasi.

3. Komponan As Aus.
Seiring habisnya umur ekonomi komponen as, fungsinya menurun. Salah satunya memicu tidak seal oli longgar. Solusinya dengan mengganti part yang bermasalah. Jika masih ingin dipertahankan bisa dengan memotong letak pegas seal oli sehingga daya cengkeramnya maksimal kembali.

4. Packing Mesin Hancur.
Efeknya adalah muncul rembesan oli pada sela-sela mesin motor. Biasanya hal ini dialami oleh mesin motor lama atau yang tidak dirawat. Dapat pula terjadi pada motor modifikasi. Untuk mengatasinya perlu melakukan penggantian packing mesin motor yang original sesuai tipe kendaraan.

5. Baut Oli Rusak.
Selain seal, baut oli juga bisa aus yang membuat longgar lubang. Lakukan penggantian baut oli untuk mengatasi oli bocor.

6. Seal Kruk As Rusak.
Akibatnya oli bocor ke dalam cvt karena kurang menjepit dan longgar. Segera ganti seal ini untuk mengatasinya.

7. Seal As Engkol Rusak.
Umumnya seal as engkol rusak sudah tua atau sering dipakai. Seperti penyebab oli motor matic bocor lainnya, solusinya perlu mengganti seal.
Advertisement

Baca juga:

Admin
I'm a Blogger. Hidup adalah perjuangan, dan perjuangan dalam hidup itu sendiri adalah ibadah. Lakukan apapun atas dasar ibadah, Insya Alloh berkah. Aamiin.