Agar Tidur Lebih Nyenyak, Ini Dia Rahasianya

MediaPangandaran.com - Agar Tidur Lebih Nyenyak - Jam tidur sering kali harus mengalah dengan setumpuk pekerjaan yang harus dituntaskan. Padahal kekurangan jam tidur akan memengaruhi otak dan tubuh Anda. Sebaliknya, tidur yang cukup setiap malam akan membuat tubuh sehat dan fokus yang lebih tajam.

Tahukah Anda? Jika Anda  membutuhkan alarm untuk bangun tidur, inilah salah satu pertanda tidur Anda kurang nyenyak. Tapi, bila Anda tidur terlalu lama hingga memakan waktu lebih dari 8 jam, misalnya, ini menandakan Anda terlalu lelah. Di kemudian hari, bila Anda terbiasa tidur terlalu lama, Anda akan makin sulit tidur.


Secara umum, orang dewasa membutuhkan 7-9 jam tidur dalam sehari. Sementara remaja membutuhkan tidur selama 9-10 jam dan anak-anak butuh tidur sebanyak 10 jam atau lebih dalam sehari.

Kurang dari angka tersebut, sistem kekebalan tubuh Anda bisa terganggu. Akibatnya, Anda akan lebih mudah sakit ketika terpapar virus seperti flu. Atau, membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dari sebuah penyakit.

Sepanjang tidur sistem imunitas mengeluarkan proteincytokines. Zat ini yang akan ditambah oleh tubuh saat berlangsung inflamasi (peradangan), infeksi atau ketika seseorang tengah tertekan. Intinya, kurang tidur bisa menurunkan kadar zat pelindung ini.

Artinya, tidur yang pulas dengan jam yang mencukupi akan membuat tubuh bisa melawan penyakit dengan lebih efektif. Selain itu, Anda akan lebih berenergi di siang hari, otak pun bekerja lebih aktif, serta memiliki detak jantung dan tekanan darah yang lebih stabil. 

Agar Tidur Lebih Nyenyak
  1. Tidur dan bangun tidur di jam yang sama setiap hari.
  2. Matikan televisi, komputer, dan gadget. 
  3. Jangan tidur dalam keadaan perut yang terlalu kenyang atau lapar.
  4. Rutin berolahraga, setidaknya berjalan kaki selama 10 menit. 
  5. Jangan terlalu banyak minum air atau cairan sebelum tidur.
  6. Buat pencahayaan kamar tidur menjadi gelap dan usahakan agar senyap. 
  7. Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh lebih rileks.
  8. Gunakan kamar tidur hanya untuk tidur dan bukan untuk kegiatan lain. 

Ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari satu jam sebelum Anda tidur. Berikut di antaranya:
  1. Mengonsumsi kafein (kopi, soda, cokelat) akan membuat Anda lebih segar sebab kafein akan meningkatkan adrenalin.
  2. Meminum minuman beralkohol sebelum tidur memang akan membuat Anda lebih rileks. Padahal alkohol juga akan menganggu fase REM yaitu waktu di mana perbaikan fungsi tubuh sedang berlangsung. 
  3. Tidur siang sebaiknya tak lebih dari 20 menit supaya Anda tidak sulit tidur di malam hari. Makan sejam sebelum tidur akan membuat sistem pencernaan bekerja dan detak jantung meningkat lebih tinggi. Oleh karena itu, Anda akan lebih sering terbangun di malam hari.