Samsung Galaxy Tab S3, Tablet Octa Core Usung Exynos 7420

MediaPangandaran.com - Samsung Galaxy Tab S3. Berdasarkan informasi terdahulu tablet kelas atas Samsung yaitu Galaxy Tab S3 bakal ditenagai chipset Snapdragon 652, tetapi nyatanya tablet itu bakal ditenagai oleh chipset Exynos 7420 yang disebut garapan dari Samsung sendiri. Kabar ini datang dari sebuah tulisan di Sina Weibo yang disebut media sosial China. 

Menurut berita yang beredar, tablet Galaxy Tab S3 ini memakai layar sentuh yang memiliki ukuran 8 inci dengan segi rasio 4 : 3 yang memakai teknologi Super AMOLED dengan resolusi yang dibuatnya 2048 x 1536 piksel. Rencananya, pula bakal ada varian dengan ukuran layar 9,7 inci. Sedangkan untuk penampilan interface tablet ini memakai antarmuka TouchWiz UI dengan menjalankan OS Android 6.0.1 Marshmallow sebagai sistem operasinya. 


Performa yang disajikan oleh tablet Samsung Galaxy Tab S3 ini bisa dibilang terjadi perubahan dari generasi terdahulu. Di mana tenaga yang dihasilkannya datang dari chipset Samsung Exynos 7420 octa-core 64-bit yang terbagi dalam quad-core ARM Cortex-A57 yang memiliki kecepatan 1,8 GHz serta quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1,5 GHz. Prosesor itu di dukung oleh memori RAM yang memiliki kapasitas 4 GB tipe LPDDR4 yang berkinerja tinggi dan pengolah grafis dari Mali-T760 MP6. 

Sektor kamera dari tablet Samsung Galaxy Tab S3 ini diperkuat oleh kamera belakang sebagai kamera utama dengan resolusi 8 MP yang di tunjang aspek autofokus tidak diperlengkapi dengan hadirnya LED flash. Tablet ini pun beritanya bakal diperkuat oleh kamera depan dengan resolusi 2 MP yang bisa digunakan untuk photo selfie serta video call. 

Tak cuma itu saja, tablet Galaxy Tab S3 ini dibekali dengan media penyimpanan internal yang memiliki ukuran 32 GB atau 64 GB yang masih tetap di dukung oleh hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternalnya sampai memiliki ukuran optimal 128 GB. Vendor asal Korea Selatan ini membekali Galaxy Tab S3 dengan baterai yang memiliki kapasitas 4000 mAh untuk mencukupi keperluan dayanya tiap hari. 

Aspek konektivitas dari tablet ini cukup komplit dengan memercayakan support jaringan 4G LTE, 3G HSPA, WiFi, Bluetooth, port USB Tipe-C, serta GPS, seperti yang dikutip dari GSM Arena. Sayang sekali sampai tulisan ini diturunkan belum diketahui berapa besaran harga yang akan dibanderolkan pada Samsung Galaxy Tab S3.