Honda Forza 125 akan Dihadirkan, Siap Tantang Yamaha NMAX

MediaPangandaran.com - Honda Forza 125. Beberapa saat terakhir ini, berita tentang kehadiran skutik gambot dari Honda makin marak terdengar. Dilaporkan sekarang ini PT Astra Honda Motor (AHM) tengah mempersiapkan varian skuter matik yang memiliki cita rasa Eropa selaku penantang Yamaha NMAX, yang semakin mentereng di bursa motor. Mengenai motor yang dipersiapkan AHM itu ialah Honda Forza yang diadopsi dari pasar Eropa tetapi dengan mesin Honda Vario 150. 

Kabar yang ramai beredar selama ini, AHM sesungguhnya dalam step pengembangan varian baru matik dengan bentuk sama Honda Forza 125 untuk pasar Indonesia. Motor ini dikabarkan akan jadi penerus dari Honda PC-X yang sekarang ini masih terus di jual didalam negeri melalui jalur CBU dari Vietnam. 


Disamping itu, waktu di konfirmasi tentang kehadiran Honda Forza didalam negeri, pihak AHM malah menyampaikan bila hal itu susah terwujud. Seperti perihal ini dikatakan oleh Koji Sugita, sebagai Marketing Director PT AHM. 

“Kami belum merencanakan jual Forza di Indonesia. Itu karena Forza mempunyai bentuk Eropa serta harga  jualnya bisa amat mahal bila di jual untuk pasar Indonesia,” terang Sugita.

Sugita pula memberikan untuk saat ini, AHM lebih pilih konsentrasi di pasar Honda PC-X serta bukanlah Honda Forza, sebab dinilainya Honda Forza tidaklah lawan sebanding Yamaha NMAX. 

“Saat ini kami masihlah lebih prefer dengan PC-X di banding Forza. Lagipula Honda Forza di Eropa itu diperuntukkan untuk melawan Yamaha SMAX, bukanlah NMAX,” paparnya. 

Tentang spesifikasinya, Honda Forza 125 yang di pasarkan di Eropa mempunyai bekal mesin nyaris serupa dengan Honda Variuo 125 di Indonesia, melalui teknologi eSP. Mesin itu mempunyai bore 52,4 mm serta stroke 57, 9 mm, dan rasio kompresi 11, 5 : 1. Yamaha Forza 125 melalui mesinnya itu dapat menyemprotkan daya maksimum sampai 10,5 kW pada putaran 8.750 rpm serta torsi puncak hingga 12 Nm pada putaran 8. 250 rpm. 

Di bandrol dengan harga lumayan mahal yaitu 4.099 Euro atau sekitar Rp 60,7 jutaan, Honda Forza 125 telah diperlengkapi aspek canggih seperti takometer, volume bagasi 48 liter yang muat dua helm full face, headlamp LED, lampu sein depan yang ada di spion serta lain sebagainya.